KEGIATAN DISTRIBUSI FIDYAH

Fidyah merupakan ketentuan mengganti puasa yang ditinggalkan atau tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, maka hal itu diperbolehkan untuk tidak berpuasa serta tidak harus mengganti dilain waktu. Sebagai ganti tidak menjalankan ibadah puasa  maka diwajibkan untuk membayar fidyah.

Hukum membayar Fidyah dijelaskan oleh firman Allah SWT bahwa:

”(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” 

(Q.S. Al Baqarah: 184)

Adapun kriteria orang yang bisa membayar fidyah, antara lain :

  1. Orang Tua Renta yang tidak mungkin untuk menjalankan ibadah puasa
  2. Orang yang mengalami sakit parah dan kecil kemungkinan untuk sembuh
  3. Ibu hamil atau menyusui

Fidyah wajib dibayarkan untuk mengganti ibadah puasa sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan. Fidyah dibayarkan berupa makanan yang harus diberikan kepada orang miskin sebagai ganti karena meninggalkan puasa. Sedangkan bagi ibu hamil dan menyusui, apabila ia meninggalkan puasa ramadhan selama 30 hari maka ia bisa membayar fidyah dalam bentuk makanan pokok yang diberikan kepada 30 orang fakir miskin.

YAYASAN ALFATIHAH memiliki rangkaian program yang diberikan kepada para donatur . Program itu adalah Fidyah. Kegiatan fidyah yang dilaksanakan merupakan distribusi nasi box yang diberikan kepada masyarakat sekitar dengan target mencakup satu kecamatan. Program Nasi box ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at agar hari itu semakin berkah.

Kami mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah berkontribusi. Semoga apa yang telah diberikan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.  Aamiin Ya Robbal Alamin

JANGAN TUNDA KEWAJIBAN FIDYAH!

FIDYAH MUDAH

FIDYAH BERKAH