Amalan Agar Dilancarkan Usaha?

Jalan hidup yang harus dilalui oleh setiap orang memang tak pernah sama, sebagian seperti selalu diberikan kemudahan dalam segala urusan, usaha yang dirintis dengan mudahnya untuk berkembang dan mencapai kesuksesan, namun sebagian lagi merasa sia-sia, apapun yang diupayakan selalu menemui kegagalan dan hasil tidak pernah sesuai dengan yang diharapkan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?.

Pernahkah kamu mendengar pepatah kalau rezeki tidak akan tertukar?. Memang benar bahwa segala kenikmatan dan karunia yang dimiliki oleh setiap manusia adalah atas pemberian dan kehendak dari Allah SWT, namun kita juga harus menyadari perlu adanya usaha/ikhtiar dalam mendapatkannya, seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat An-Najm ayat 39 berikut:

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

Artinya: "Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya". (QS. An-Najm: 39).

Perihal ikhtiar, sebaiknya kita mengaca terhadap diri sendiri, apakah usaha yang kita lakukan sudah sebanding dengan banyaknya harapan-harapan yang dipanjatkan?. Dalam mengharap kasih sayang-Nya apakah kita sendiri telah mengasihi sesama?. Sementara dengan tegas Allah SWT memperingatkan bahwa dalam sebagian harta yang kita miliki terdapat hak orang lain, hak bagi saudara kita yang membutuhkan.

Berbagi pada sesama dalam bentuk sedekah dapat dijadikan sebagai ikhtiar mengharap pertolongan dan kemudahan dari Allah SWT, sedekah baik dilakukan terutama diwaktu subuh.

Tidak ada batasan waktu dalam bersedekah, sedekah boleh dilakukan kapanpun, namun terdapat saat yang terbaik dan yang paling utama untuk bersedekah yakni diwaktu subuh. Seperti dalam riwayat sebuah hadis yang berbunyi:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Tidak ada satu hari pun bagi seorang hamba, kecuali datang dua Malaikat yang salah satu dari mereka berdoa, ‘Ya Allah berilah ganti yang lebih baik bagi orang yang bersedekah’. Malaikat yang satu lagi berdoa, ‘Ya Allah berilah kebinasaan bagi orang yang menahan hartanya’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa banyak sekali keberkahan diwaktu subuh, bahkan malaikat mendoakan bagi siapapun yang mau menyisihkan sebagian hartanya untuk bersedekah. Untuk itu marilah nafkahkan sebagian harta yang kita miliki dijalan Allah sebagai ikhtiar dalam mengharap kasih sayang-Nya, menyadari bahwa kita adalah makhluk yang lemah, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Nya. Selain didoakan oleh para malaikat dan dikabulkan hajatnya, sedekah subuh memiliki keutamaan lain yaitu harta yang dimiliki menjadi berkah dan akan didekatkan pada pintu surga seperti dalam riwayat hadis berikut:

Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah subuh dapat dilakukan setelah menunaikan sholat fardu subuh, berikan sedekah sembari memohon kepada Allah SWT mengucapkan apa yang menjadi hajat. Banyak yang telah membuktikan manfaat dari sedekah subuh bagi kehidupan sehari-hari, dan jika kita mengutamakan akhirat maka InsyaAllah dunia dan seisinya akan mengikuti.

Jika kamu bingung dan tidak tahu kemana akan menyalurkan sedekah subuhmu, maka Alfatihah menyediakan platform sedekah subuh online, cukup tekan donasi dan sedekah subuh terbaikmu akan sampai kepada mereka yang membutuhkan, diantaranya adalah para santri penghafal Qur’an dan anak-anak yatim asuh dari Rumah Tahfidz Alfatihah.

Mari sedekah subuh melalui Alfatihah raih keberkahan waktu subuh sembari mengasihi para santri menghafal Qur’an dan anak-anak yatim