Wanita Muslimah Impian Sejuta Umat

Alfatihah.com – Wanita muslimah yang bagaimana agar  bisa menjadi impian bagi wanita lain, standar seperti apa yang harus kita miliki agar menjadi wanita impian sejuta umat. Zaman sekarang banyak sekali wanita-wanita cantik baik didunia maya atau nyata, untuk mendapatkan standar wanita muslimah yang sesuai tuntunan rasul apa saja yang harus kita penuhi. Simak dengan baik penjelasan berikut.

Ciri Wanita Muslimah

Menjadi wanita muslimah seutuhnya yang sesuai syariat maka kita harus mempersiapkan diri. Di Al Quran dan Hadits telah dijelaskan bagaimana seorang wanita sangat diistimewakan, wanita sendiri memiliki kedudukan yang penting dalam islam. Inilah beberapa kriteria wanita muslimah sejati menurut al quran dan hadits : 

  1. Menutup Aurat

Dalam islam seorang wanita muslimah wajib hukumnya untuk menutup auratnya, batasan aurat untuk wanita yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Allah berfirman dalam QS. Al Ahzab : 59 

“ Wahai Nabi! katakanlah kepada istri-istrimu , anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin,” Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha pengampun, Maha Penyayang.” 

Allah berfirman lagi dalam QS. An Nur : 31

“Dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.”

  1. Berakhlak Mulia 

 Pada kajian rutinan di sekolah SMKN 5 BATAM pemateri oleh Ustadzah Umi Fadilah, S.Pd.I membahas tentang Akhlak wanita muslimah dan muslimah yang dirindukan surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

الدنيا متاع وخير متاعها المرأة الصالحة  

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim dari Abdullah ibnu Umar)

Dalam hal ini bukan diartikan bahwa wanita harus memakai make-up atau perhiasan mewah. Perhiasan yang dimaksud adalah menjembatani wanita untuk masuk surga dengan akhlak yang mulia. 

  1. Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Yaitu melaksanakan semua perintah Allah dan Rasul dengan baik dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh Allah dan Rasulnya.

  1. Muslimah yang berbakti kepada kedua orangtua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah wajib hukumnya bagi setiap anak, karena  berbakti kepada kedua orang tua merupakan perintah untuk beribadah kepada Allah dan Rasul. Dalam QS. An-Nisa/36 Allah berfirman :

…..واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئا, وبالوالدين احسانا

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada ibu-bapak.”. 

Keistimewaan menjadi wanita muslimah

Wanita adalah belahan jiwa pria. Wanita diciptakan Allah secara dengan memiliki sifat feminim, lembut dan tidak memiliki energi yang sama layaknya pria.

 Berjalanya waktu banyak menggembar-gemborkan seruan bahwa wanita harus setara dengan laki-laki secara keseluruhan seperti Asosiasi, kebebasan, hak, pekerjaan, posisi,dll.  

Sebagaimana laki-laki, ternyata hak-hak perempuan juga terjamin dalam islam. Islam memberikan aturan untuk  menjaga kehormatannya. Lantas bagaimana untuk menjadi seorang wanita muslimah sesungguhnya tanpa keluar dari syariat agama islam?

Seorang wanita  muslimah memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti menjadi seorang istri yang taat kepada suaminya,menjadi seorang ibu yang baik bagi anak-anaknya, dan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Adapun beberapa istilah dalam islam yang sering kita dengar untuk julukan bagi para wanita diantaranya Mar’atus Sholihah, Zaujatul Muthi’ah, dan Ummul Madrasah.

Dalam  Hadits Rasulullah bersabda : 

“Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.”

Ibnu Mubarok menyampaikan sebuah riwayat dari Hibban bin Abi Jabalah yang mengatakan : 

“Sesungguhnya wanita dunia yang masuk surga lebih unggul dibandingkan wanita surga,disebabkan amal yang mereka kerjakan sewaktu di dunia.”

Sosok Wanita Muslimah

Maka jadilah sebaik-baik wanita sehingga kita bisa mendapatkan gelar seperti apa yang sudah di sampaikan oleh Rasulullah dalam bebrapa haditsnya. Jika kamu seorang anak perempuan maka jadilah anak yang berbakti kepada kedua orangtua,jika kamu seorang istri maka taat lah kamu kepada suamimu bahwasanya surganya seorang istri ialah ada pada suaminya, jika kamu seorang ibu maka jadilah ibu yang baik agar kelak anak-anakmu mencintaimu dengan tulus tanpa pamrih.

Sebagai muslimah tentunya sudah ada tokoh pendahulu yang bisa kita ikuti jejaknya untuk bisa meneladani sifat dan hikmah yang bia kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh suri tauladan muslimah yang dikenal sepanjang sejarah adalah Sayyidati Aisyah Istri dari Rasulullah. Siti Aisyah dkenal sebagai sosok wanita yang tangguh dan panutan wanita muslimah, beliau telah meriwayatkan beribu-ribu hadits dan menjadi gurunya para perawi hadits terdahulu. Hidup dalam kesederhanaan tanpa berkeluh kesah dan menjadi seorang istri rasul terkenal itu merupakan anugerah terindah yang pernah dimiliki Siti Aisyah, semoga kita bisa meneladani sifatnya dengan sering membaca kisah dan sejarahnya.

Baca juga : 4 Cara Menghindari Sikap Riya dalam Hal Ibadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp