Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan, Nomer 4 Paling Penting

Alfatihah.com – Puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilaksanakan oleh umat islam disetiap minggunya. Rasulullah SAW sangat menganjurkan puasa senin kamis bagi seluruh umat islam dikarenakan memiliki banyak keutamaan bagi siapa saja yang menjalankannya. Alasan Rasulullah SAW menganjurkan berpuasa senin kamis untuk seluruh umat islam dikarenakan Rasulullah SAW pernah bersabda : 

“تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ”

Artinya, “Amal-amal manusia diperiksa pada setip hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR At-Tirmidzi dan lainnya).

Puasa senin kamis selain menghadirkan pahala yang berlimpah dan menjadi amalan untuk bekal di akhirat, dan juga terdapat manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh kita. Dengan melaksanakan puasa senin kamis secara rutin maka akan terhindarkan dari banyak penyakit. 

Niat Puasa Senin Kamis 

Untuk niat puasa sunnah pada hari senin adalah sebagai berikut : 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa pada hari Senin, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Sedangkan niat puasa sunnah pada hari kamis adalah sebagai berikut : 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan 

Dirangkum dari buku The Miracle of Puasa Senin Kamis karya Ubaidurrahim El-Hamdy dan buku Sehat Cara Al Qur’an & Hadis karya Emma Pandi Wirakusumah. Berikut beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan, bisa mencegah segala penyakit loh.. 

  1. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran

Ketika kita berpuasa tubuh kita mengalami detoksifikasi, dimana tubuh dibersihkan dari segala racun dan kotoran. Karena saat kita berpuasa maka dapat mencegah kalori masuk ke dalam tubuh dan tubuh akan menghasilkan enzim aktioksidan yang berguna untuk membersihkan racun dan mengeluarkannya dalam tubuh. 

  1. Menjadi waktu istirahat untuk alat pencernaan

Manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dengan melaksanakan puasa senin kamis kita sama saja memberikan waktu istirahat bagi organ pencernaan, enzim, dan hormon di tubuh kita. Dengan mengistirahatkan organ pencernaan ditubuh kita, sama saja kita memberi waktu untuk alat pencernaan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh kita.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan penelitian, puasa dapat meningkatkan produksi sel darah putih didalam tubuh, dimana sel darah putih dalam tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari manusia. Sehingga puasa sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mencegah dari segala penyakit

Ketika kita tidak berpuasa, maka tubuh kita akan menerima banyak gizi. Tubuh yang menerima kelebihan gizi dapat menyebabkan obesitas dan memungkinkan timbulnya penyakit-penyakit seperti diabetes, kolestrol, jantung koroner, dan banyak penyakit lainnya yang dapat timbul dari obesitas. Sehingga dengan melaksanakan puasa senin kamis maka dapat mencegah segala penyakit karena kita membatasi tubuh kita untuk mengonsumsi gizi berlebih. 

Beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan yang telah disebutkan diatas sangatlah penting untuk dipahami sehingga kita tidak perlu malas ataupun lalai dalam melaksanakan puasa senin kamis karena kita tahu bahwa puasa senin kamis memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. 

Baca Juga : Ibadah Puasa Batal Karena 5 Hal Ini, Apa Saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp