8 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Masalah rambut pada perempuan berhijab biasa dikeluhkan sebagai hal yang mengganggu. Rambut yang sering tertutup hijab membuat masalah lain muncul, mulai dari lepek hingga kerontokan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi hal yang lebih parah, tetapi dampak signifikan belum juga terlihat. Lalu, bagaimana sebenarnya cara menjaga kesehatan rambut berhijab yang bisa mencegah masalah lainnya muncul? Ini dia ulasan 8 cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab!

Sisir rambut secara rutin

Cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab yang pertama adalah rutin menyisir rambut. Sepintas kegiatan menyisir rambut tampak sangat sepele, tetapi apabila aktivitas ini ditinggalkan oleh perempuan yang menggunakan hijab maka dampaknya akan terasa sebagai rambut rontok.

Rutin menyisir rambut akan membantu sirkulasi darah di kepala berjalan lancar dan rambut memperoleh nutrisi untuk menjaga kekuatannya. Sisirlah rambut saat kondisi rambut kering dan sebelum keramas agar kerontokan tidak parah. Tak hanya itu, cara menyisir dan arah sisiran juga menjadi faktor yang bisa membuat rambut rontok. Jadi, ubahlah pola menyisir secara berkala agar semua bagian rambut memperoleh perlakuan yang sama, darah dalam kepala mengalir lancar, dan menghindari penipisan di beberapa bagian. 

Gunakan sampo dan kondisioner khusus agar rambutmu tak sering rontok

Pemilihan sampo dan conditioner (pelembut) yang tepat sesuai masalah rambut yang dialami akan sangat membantu kondisi rambut. Formula khusus untuk merawat rambut dengan masalah tertentu juga wajib kamu perhatikan sebagai perempuan berhijab. Rambut rontok tidak bisa diatasi hanya dengan sampo yang biasa saja. Perlu ada spesifikasi khusus untuk merawat dan mengembalikan kekuatan rambut. Kandungan chia seed oil dan amino vitamin complex yang memiliki reputasi sebagai bahan alami untuk melindungi kutikula dari kerusakan dan kerapuhan bisa dipilih saat membeli sampo untuk mengatasi rambut rontok.

Pastikan rambutmu kering sebelum menggunakan hijab

Jangan menggunakan hijab ketika rambutmu masih basah, karena hal tersebut akan membuat rambut lembab dan menjadi pemicu kotembe serta rasa gatal yang tidak nyaman. Proses pengeringan rambut bisa kamu lakukan dengan hairdryer atau cukup diangin-anginkan di dalam rumah. Setelah kering, barulah hijab boleh digunakan.

Hindari mengikat rambut dengan kencang

Sara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab berikutnya adalah hindari mengikat rambut dengan kencang. Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena hal itu bisa membuat rambut tertarik dan rentan patah. Gunakan ikat rambut yang tak terlalu kencang sehingga rambut masih bisa bernapas dengan baik. Jika kamu punya bahan ikat rambut yang lebih lembut kainnya, maka hal itu jauh lebih baik untuk menjaga kondisi rambut tetap sehat dan kuat.

Ikatan rambut yang terlalu kencang dan jenis ikat rambut yang kurang lembut ternyata bisa sangat berpengaruh pada masa depan rambutmu. Cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab satu ini memang jarang diperhatikan banyak perempuan berhijab karena rmabut yang tidak terikat kuat akan mengganggu aktivitas atau kenyamanan berhijab. Rambut yang harusnya mendapat perlakukan lembut dan terawat malah memperoleh perawatan dan penjagaan yang tidak sesuai dengan sifat rambut, yaitu lembut.

Istirahatkan rambut 

Apabila kamu sedang tidak menggunakan hijab, baiknya kamu membebaskan rambut dan membiarkan angin mengibaskan rambut bahkan mengeringkannya. Selama seorang perempuan yang menggunakan hijab menjaga rambut dan merawat kekuatan rambut harus didukung dengan membebaskan rambut ketika kamu sedang tidak menggunakan hijab. 

Bebaskan rambutmu dengan mengurainya selama tidak menggunakan hijab. Manfaat mengurai rambut atau mengistirahatkan rambut adalah kulit kepala bisa bernapas lebih baik. Berjemur di pagi hari juga perlu dilakukan agar rambut terpapar sinar matahari sebentar. Terakhir, rileks dan mengelola stres menjadi hal penting lainnya untuk menjaga kesehatan rambut, jangan sampai menunda-nunda aktivitas mengistirahatkan rambut kalau kamu tidak mau rambutmu rusak.

Rutin memijat kepala dengan masker atau minyak rambut

Rutin memijat kulit kepala menggunakan masker dan minyak rambut membuat aliran darah lebih lancar, mencegah rambut kering, serta membuat asupan nutrisi ke rambut lebih baik. Akar rambut yang bisa dijangkau dari kulit kepala yang ternutrisi menjadi sumber kekuatan rambut. Tak heran jika ruitn menggunakan masker rambut alami seperti alpukat, lidah buaya, atau air mawar bisa memberi nutrisi dan rasa segar di kulit kepala. Beberapa jenis minyak juga bisa digunakan untuk menutrisi kulit kepala yang akan menjadi ladang tumbuhnya rambut. Gunakan minyak jojoba, minyak bunga matahari, minyak alpukat, dan minyak zaitun extravirgin. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu untuk membantu menghaluskan rambut, menjaga kelembapan, merawat tekstur rambut dan mempertahankan kilau rambut secara alami. Cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab ini tidka hanya akan dirasakna manfaatnya secara fisik, tetapi juga di dalam kulit kepala yang tidka bisa dilihat oleh mata.

Gunakan hijab dengan bahan nyaman

Memilih bahan hijab yang nyaman dan pas sesuai bentuk muka hingga besar kepala juga menjadi hal penting lainnya yang bisa menunjang kesehatan rambut terjaga. Bahan katun atau sutera lembut bisa menjadi pilihan untuk bahan hijab yang kamu gunakan. 

Pilihlah bahan yang terbaik dan bukan bahan sintesis, sebaba bahan sintesis akan memicu masalah rambut mudah patah hingga bercabang karena gesekan dangan material tersebut. Bahan sintesis yang dimaksud adalh nilon dan poliester. Apabila kamu terpkasa menggunakan kedua bahan itu maka gunakan ciput atau ninja sebagai dalaman sebelum mengguakan hijab dnegan bahas sintesis. 

Atur kebutuhan air, protein, dan vitamin

Cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan berhijab terakhir adalah atur kebutuhan air, protein, can vitamin. Memiliki rambut yang kuat dan sehat memang akan menjadi cermin dari gaya hidup yang dijalani seseorang. Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh, apalagi pada jenis makanan apa saja yang sering dikonsumsi. Menutrisi rambut menggunakan suplemen nutrisi rambut bahkan sering merawat menggunakan masker atau minyak juga tidak akan begitu berpengaruh secara signifikan jika tidak dibarengi dengan nutrisi baik yang dikonsumsi sehari-hari. 

Jaga asupan air, makanan sehat, buah, sayur, vitamin, protein, dsb. untuk membantu tubuh mangalirkan nutrisi tersebut pada rambut. Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan magnesium, zat besi, dan zinc untuk melengkapi nutrisi rambutmu. Kurangi makanan fast food atau cepat saji yang banyak mengandung karbohidrat dan gula. Semakin terjaga pola makan dan gaya hidup yang kamu jalani, maka rambutmu akan bagus dan indah secara alami pun tubuh yang kamu tinggali akan sehat terjaga.

Nah, itu dia 8 cara menjaga kesehatan rambut bagi perempuan yang menggunakan hijab. Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin dan dengan niat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab rambut adalah salah satu anggota tubuh yang menerima dampak dari caramu mengonsumsi makanan hingga olahraga yang rutin dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp