Yuk Sedekah Daging Dulu Buat Kamu Yang Belum Mampu Berkurban

Semarang 04/07: Idul Adha menjadi salah satu hari besar yang dinantikan oleh seluruh ummat Muslim, jatuh pada hari ke 10 Bulan Dzulhijjah, bulan yang penuh dengan kemuliaan. Saat berbicara mengenai Idul Adha, yang terlintas difikiran kita pastinya adalah Ibadah Kurban. Salah satu ibadah dengan hukum sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan untuk ditunaikan.

Ibadah kurban ditunaikan sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT, sebagai wujud dari rasa syukur atas segala nikmat serta karunia yang telah diberikan. Selain itu ibadah kurban juga dapat diartikan sebagai niat dalam mensucikan diri, membersihkan segala sifat-sifat tercela terutama keserakahan dan kekufuran.

Banyaknya riwayat mengenai anjuran berkurban ini menjadikan ummat muslim ingin menunaikannya, namun tidak sedikit dari mereka yang sangat ingin berkurban tapi harus mengurungkan niat baik tersebut karena banyaknya biaya yang perlu dikeluarkan, tak jarang pula mereka sudah menyiapkan dana sejak jauh hari namun tanpa disangka ternyata ada kebutuhan lain yang mendesak. Lalu apakah niat baik itu harus benar-benar terkubur? bagaimana solusinya?.

Satu amal shaleh yang bisa teman-teman tunaikan sebagai ibadah pengganti apabila tidak mampu berkurban adalah dengan sedekah daging, landasan mengganti ibadah kurban dengan sedekah daging ini atas dasar niat saling tolong menolong, seperti firman Allah SWT yang terkandung dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 2 berikut:

وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ

Artinya: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”. (Q.S Al-Maidah:2)

Selain sebagai niat untuk tolong menolong, sedekah daging ini juga sebagai bentuk kepedulian dan kemanfaatan kita terhadap saudara sesama muslim, seperti dalam riwayat sebuah hadis yang berbunyi:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Artinya: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”. (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Setelah mengetahui makna dan arti dari sedekah daging, maka saatnya saya berbagi informasi mengenai platform yang akan memudahkan teman-teman semua untuk berbagi kebaikan di hari Raya, yaitu sedekah daging melalui Rumah Qurban Alfatihah.

Selain menyediakan kemudahan kurban online, Rumah Qurban Alfatihah juga siap membantu teman-teman yang tidak dapat melaksanakan ibadah kurban namun tetap ingin berbagi, cukup dengan berdonasi minimal 10.000 rupiah saja teman-teman sudah bisa bersedekah dan turut berpartisipasi untuk kurban di Rumah Qurban Alfatihah, dana yang terkumpul nantinya akan dibelikan hewan untuk berkurban baik itu kambing, domba maupun sapi.

Diluar dari kemudahan dan biaya yang terjangkau, Rumah Qurban Alfatihah juga memiliki kelebihan lainnya yaitu sedekah daging akan diberikan kepada para santri penghafal Qur’an, anak-anak yatim dan dhuafa, MasyaAllah.

Sedekah tidak dilihat dari jumlahnya atau banyak sedikitnya yang kita berikan namun dari keihklasan untuk membantu saudara yang membutuhkan uluran tangan dan kepedulian kita terlebih pada saat hari raya Idul Fitri.

Berikan sedekah daging terbaikmu, raih keberkahan bulan Dzulhijjah dan hari raya Idul Fitri.

Penulis : Ade Refika.