Tahfidz Qur’an Rasa Liburan

Adanya kitab suci Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh ummat manusia, karena hal itulah, selain membacanya kita pun diperintahkan untuk mentadaburi dan mengamalkan isi dari Al-Qur’an, terlebih utama lagi jika kita mau untuk menghafalkannya.

Menjadi seorang penghafal Qur’an atau yang sering kita sebut sebagai hafidz dan hafidzah memanglah tidak mudah, niat serta tujuan dalam menghafal harus lurus dan benar dari awal proses menghafal hingga akhir, yaitu semata-mata karena Allah SWT, selain itu dalam menjadi seorang hafidz/hafidzah juga membutuhkan tekat yang kuat dalam menjaga hafalannya, karena hafalan yang telah dimiliki akan mudah hilang atau terlupa jika tidak dijaga dengan baik, seperti yang dijelaskan dalam riwayat hadis berikut:

تَعَاهَدُوا القُرْآنَ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنَ الإِبِلِ فِي عُقُلِهَا

Jagalah (hafalan) Al-Qur’an itu, maka demi Dzat, jiwaku di kekuasaaNya, sungguh ia (Al-Qur’an) lebih cepat lepasnya daripada unta dari ikatannya”. (Imam Bukhari : Dar Thauq al-Najah : 5033).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa hafalan yang tidak dijaga akan lebih mudah hilang daripada seekor unta yang diikat. Salah satu cara menjaga hafalan adalah dengan rajin bermuroja’ah yaitu mengulang hafalan yang telah dimiliki dengan memperdengarkannya kepada orang lain sebagai penyimak.

Terdapat beberapa hal yang biasanya dapat mempengaruhi semangat dalam bermuroja’ah maupun menambah hafalan seperti suasana hati yang kurang bagus karena alasan tertentu, lingkungan yang tidak mendukung dan lainnya.

Yayasan Alfatihah mempunyai program yang bernama Hotel Karantina Qur’an, program ini cocok banget buat kamu yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan durasi tertentu, fasilitas yang diberikan sangat lengkap, lokasi hotel pun berada di daerah dataran tinggi maka dipastikan lingkungannya sangat sejuk dan nyaman yang bisa mendukung serta menambah semangatmu dalam menghafal nantinya.

Karena terdapat beberapa pilihan durasi maka program Hotel Karantina Qur’an ini dapat menjadi pilihan jika kamu adalah santri yang sudah selesai mondok namun belum menyelesaikan hafalannya, bisa juga buat kamu yang ingin menikmati dan mengisi waktu liburan sekolah maupun kuliah dengan menghafal Al-Qur’an, atau bagi kamu yang ingin mondok pada saat bulan Ramadhan saja.

Dalam program Hotel Karantina Qur’an ini selain menghafal Al-Qur’an kamu juga akan dibekali dengan pelatihan softskill dan training mindset, akan ada banyak kegiatan sharing serta diskusi untuk saling bertukar wawasan dan melatih skill komunikasi yang pastinya akan sangat bermanfaat untukmu kedepannya.

Jangan khawatir saat semangatmu mulai menurun, atau suasana hatimu sedang tidak bagus sehingga dapat mengganggu konsentrasi dalam menghafal, karena pada program Hotel Karantina Qur’an ini ada satu kegiatan yang dapat mengatasi hal tersebut yaitu rihlah. Kegiatan rihlah ini maksudnya adalah kamu akan diajak untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata, kamu bisa merefresh pikiran dan suasana hati dengan wahana permainan, atau menikmati pemandangan sembari berdiskusi ringan dan bermuroja’ah bersama di tempat-tempat yang indah.

Walaupun dengan durasi tertentu, suasana Hotel Karantina Qur’an ini pastinya masih tetap sama dengan pesantren pada umumnya, terdapat kegiatan agama rutin seperti sholat berjama’ah, halaqoh, menjalankan ibadah sunnah bersama, juga terdapat peraturan dan target halafan.

Tunggu apalagi? yuk manfaatkan waktu luang atau liburan dengan menambah hafalan dan insightmu bersama Hotel Karantina Qur’an Alfatihah. Menjadi santri keren, kreatif dan inovatif.

Kunjungi link dibawah ini untuk informasi biaya dan pendaftaran.