Perkuat Bonding Tim RTA Adakan Outbond Bersama Unique Training

Semarang 29/12 :  Bekerja selama enam hari dalam sepekan tidak dipungkiri dapat mendatangkan banyak kejenuhan atau kelelahan. Untuk mengatasi hal ini sekaligus mengenal lebih jauh serta meningkatkan ikatan (bonding) antar karyawan dan komponen maka Rumah Tahfidz Alfatihah menggelar acara menginap bersama yang diadakan pada 28-29 Desember 2019 di Penginapan Green Valley, Bandungan , Kabupaten Semarang. Acara ini juga menjadi ajang untuk bersama-sama membangun vibes yang lebih positif sehingga harapannya seluruh dapat lebih semangat bekerja melayani umat di tahun baru 2022 nanti.

Acara ini dikemas dengan beragam kegiatan positif, salah satunya adalah outbond bersama antar karyawan semua divisi. Outbond ini diadakan di salah satu sudut lapangan di Green Valley Bandungan. Rangkaian acara dimulai sekitar pukul 08.25 WIB dengan pemanasan berupa game uji konsentrasi dengan tokoh pahlawan “Slamet Riyadi” sebagai kata kuncinya. Sekilas, permainan ini mirip dengan game “lampu merah” yang viral beberapa waktu lalu dalam topic film Asia, Squid Game.

Untuk acara outbond ini dipandu oleh Mas Wisnu dan team dari Unique Training. Acara berlangsung sangat meriah apalagi ketika masing-masing karyawan harus tetap menjaga konsentrasi ketika game bergabung bersama teman sebelahnya namun dengan susunan berbeda. Game tersebut bernama game “lampu merah” dan game “ kembang kuncup”.  Game lampu merah sendiri mengharuskan karyawan bergabung dengan teman terdekatnya kemudian membentuk 3 susunan duduk ,setengah duduk , dan berdiri layaknya lampu merah di pertigaan atau perempatan. Sedangkan, untuk game kembang kuncup sendiri mengharuskan karyawan bergabung dengan teman terdekatnya membangun lingkaran kecil lalu berputar dengan gaya maju mundur. Meski terlihat sederhana, nyatanya karena jumlah karyawan setiap permainan dibuat berbeda maka konsentrasi menjadi hal utama yang harus dijaga. Konsekuensinya, jika tidak lulus dalam game ini maka wajah karyawan akan dicoret dengan bedak dingin miliki panitia outbond.

“ Acaranya sangat seru dan efektif untuk menghilangkan penat” ungkap Aqnita dari staff Instagram .

Setelah selesai dengan game pemanasan, Mas Wisnu kemudian membagi karyawan menjadi beberapa kelompok kecil untuk melanjutkan game dengan metode berzona. Ada zona membangun pyramid, menebak angka ala permainan mahjong, permainan jaga lilin hingga  membangun bangunan dari korek api. Semua karyawan saling membaur dan bersukaria bersama-sama pada tiap permainan berzona ini.

“Permainannnya seru gak berekpetasi bakal basah-basahan . Tapi serius ini sangat menyenangkan , aku menikmatinya “  ungkap Eni dari Staff Desain Grafis.

Di dunia kerja bonding bisa bermakna rasa kebersamaan atau sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan  atau  persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Dalam sebuah perusahaan, organisasi atau komunitas, bonding diperlukan dalam menjalankan setiap pekerjaan, mengambil sebuah keputusan, penyelesaian masalah dalam bekerja, visi dan misi bersama.

Dengan mengikuti aktivitas bersama yang menyenangkan, selain akan memberikan penyegaran bagi karyawan, harapannya hubungan baik pun akan semakin erat. Dengan demikian semangat kerja untuk menjalankan tanggung jawab secara bersama-sama akan tercipta, sehingga harapannya target pekerjaan kedepannya bisa terus  tercapai.  We are Alfatihah Superteam !  (WD/2021)