Ini Dia! Harta Yang Dapat Dibawa Hingga Ke Akhirat

Sebagai ummat muslim tentu saja menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk mencari ridho Allah SWT, maka hendaknya kita selalu melibatkan-Nya dalam segala urusan, terutama dalam hal pekerjaan yang InsyaAllah akan menjadi sebuah keberkahan terhadap rezeki dan harta yang kita miliki.

Berbicara mengenai harta dan kekayaan, pernahkah teman-teman mendengar pepatah atau orang lain berkata bahwa harta tidak akan dibawa mati? bahkan ada yang beranggapan untuk apa kita bersusah payah mencari dan memperbanyak harta kekayaan sedangkan setelah wafat semuanya tidak akan kita nikmati lagi. Tapi tahukah teman-teman bahwa ternyata ada satu amalan yang dapat mematahkan asumsi tersebut? apakah kiranya?

Seluruh harta dan kekayaan yang kita miliki semasa di dunia tak akan menemani hingga alam kubur dan akhirat kecuali dalam wujud amal shaleh yaitu sedekah jariyah, seperti dalam sebuah riwayat hadis yang berbunyi:

اِذَا مَاتَ ابْنَ ادَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَوْ عِلْمٍ يَنْتَفَعُ بِهِ اَوْ وَلَدِ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ

Artinya: “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR. Muslim no. 1631)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa sedekah jariyah adalah amal shaleh yang dapat menolong kita hingga ke alam kubur, lalu bagaimana cara memperoleh pahala sedekah jariyah tersebut?. Satu amalan yang dinilai sebagai sedekah jariyah adalah Wakaf.

Wakaf adalah pemindahan hak milik dari suatu harta benda kepada penerima baik perorangan maupun sebuah lembaga, untuk dimanfaatkan dalam kebaikan demi kemaslahatan atau kepentingan orang banyak, wakaf sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah SWT dengan niat untuk menyedekahkan harta yang kita miliki dijalan-Nya. Lalu bagaimana harta wakaf bisa dibawa dan akan menolong kita diakhirat kelak?.

Pahala wakaf akan didapatkan tidak hanya saat kita masih hidup melainkan akan terus mengalir selama harta benda yang diwakafkan masih dapat diambil atau dirasakan kemanfaatannya oleh pihak yang menerima wakaf, walaupun kita telah meninggal dunia. Contohnya seperti wakaf tanah dan bangunan masjid yang dapat dipastikan bisa dimanfaatkan ummat dalam jangka panjang, contoh yang kedua adalah wakaf mushaf Al-Qur’an untuk pesantren maupun lembaga pendidikan islam lainnya, bisa dibayangkan berapa kali dalam sehari para santri mengambil kemanfaatan baik dengan membaca, mentadaburi bahkan menghafalkannya, setiap tahun santri lama akan tergantikan oleh santri baru dan akan mengambil kemanfaatan yang sama, begitu seterusnya, maka dapat dilihat sebanyak itu pula keberkahan yang akan kita peroleh dari benda yang diwakafkan.

Jika teman-teman mempunyai niat untuk mewakafkan harta benda namun bingung bagaimana cara melakukan dan menyalurkannya, maka Yayasan Alfatihah menyediakan berbagai program untuk membantu teman-teman terkait memanfaatkan, menyebarkan, mendistribusikan, serta menyalurkan wakaf, baik dalam bentuk harta maupun benda.

Tersedia berbagai macam program wakaf yang dipastikan jelas kemanfaatannya baik bagi para santri penghafal Qur’an Rumah Tahfidz Alfatihah maupun lembaga pendidikan islam di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya. Yayasan Alfatihah selalu mengedepankan prinsip dalam menjaga amanah para donatur dan kemaslahatan banyak ummat, sehingga dapat dipastikan wakaf yang teman-teman wakilkan dapat tersalurkan dengan baik.

Sebagai ummat muslim yang taat maka hendaklah kita memikirkan perihal akhirat disamping persoalan kehidupan yang sementara ini, tidak menjadi masalah jika kita mencari dan mengumpulkan kekayaan asalkan tak lupa untuk menafkahkan sebagian harta yang dimiliki dijalan Allah SWT. Sedekah tidak dilihat banyak sedikitnya yang kita keluarkan melainkan dari keihklasan dengan niat memberikan kemaslahatan bagi banyak ummat.

Mari jadikan wakaf sebagai sedekah jariyah terbaikmu, sebagai teman dan sahabat yang menemani juga menolong diakhirat kelak.