Pengembangan Program Dakwah Kreatif untuk Era Digital

Pengembangan Program Dakwah Kreatif untuk Era Digital

Forum Yayasan Indonesia mengadakan webinar dengan tema “Pengembangan Program Dakwah Kreatif” pada hari Selasa 15/10/2024 melalui zoom meeting. Webinar ini secara khusus menghadirkan pemateri terkait dengan materi pengembangan program dakwah yang tentunya menjadi materi yang bersifat baru untuk bisa dipelajari untuk menghadapi adanya digitalisasi sekarang ini yang membutuhkan ide kreatif untuk mengikuti perubahan zaman. Adapun pemateri yang dihadirkan dalam webinar ini adalah Ustadz M. Kh Rachman Ridhatullah, S. Sos., M. Si selaku Founder dan CEO  Padepokan Dakwah Kreatif yang terletak di Bandung. 

Webinar ini dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 21.30 WIB ini dengan baris dua sesi yaitu sesi pemaparan materi oleh pembicara atau Ustadz Rachman dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta untuk menjelaskan serta memberikan jawaban serta materi tambahan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk peserta yang hadir terkait dengan pengembangan dakwah kreatif. Pemaparan materi diawali dengan pembahasan tentang lembaga yang didirikan oleh ustadz Rachman yaitu Padepokan Dakwah Kreatif yang memiliki target untuk bisa melakukan transformasi atau pembangunan program dakwah kekinian dan mengembangkan gerakan literasi kreativitas sebagai solusi masalah hidup yang mana hal-hal hal itu yang menjadi dasar berjalannya lembaga. Materi selanjutnya adalah tentang adanya trend pergeseran ekonomi dunia, trend pertumbuhan kelas menengah di Indonesia, adanya pergeseran lifestyle ( pergeseran gaya hidup), dan trend penggunaan media digital dan media sosial di indonesia sudah banyak yang menggunakan internet dan banyak yang menggunakan sosmed maka dengan kondisi yang ada maka tantangannya perlu melakukan transformasi konsep, bentuk dan media dakwah kekinian untuk bisa mengembangkan program dakwah.

Poinnya adalah ketika kita berhadapan dengan situasi zaman yang berbeda maka tantangan dakwah pun berubah,  dan kita kemudian ditantang kreatifitasnya untuk mengembangkan bentuk-bentuk program dakwah yang bisa disesuaikan dengan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat yang menjadi target dakwah kita, yang dulunya dakwah itu ceramah, tausiah, maka bentuk itu tampaknya harus kita pertimbangkan untuk ditransformasi disesuaikan dengan persoalan di segmen tertentu”. ungkap ustadz Rachman terkait  pengembangan program dakwah yang dilakukan sekarang ini.

Ustadz Rachman juga menjelaskan tentang bagaimana usaha untuk mengembalikan remaja untuk mau kembali lagi ke Masjid dengan cara kreatif, sesuai dan relevan untuk kalangan remaja yang salah satu caranya adalah dengan adanya produksi pembuatan film yang berhubungan dengan masjid , adanya workshop yang sesuai dan adanya bootcamp juga yang berkaitan dengan kemasjidan sehingga para remaja ini memiliki banyak inspirasi yang berhubungan dengan kreatif dan dalam kegiatan -kegiatan ini maka pesan dakwah dimasukan di dalamnya dan hal ini juga sebagai salah satu cara yang bisa digunakan dalam pengembangan program dakwah saat ini.

Baca juga: Kenali Bahaya Pluralisme Agama Sebelum Terjebak dalam Keragaman yang Melewati Batas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp