3 Cara Menghilangkan Iri dan Dengki Dalam Pandangan Islam

Alfatihah.com – Setiap orang pasti pernah mengalami rasa iri hati dan dengki. Namun, cara setiap orang menghadapinya jelas berbeda-beda. Namun, alangkah baiknya jika kita bisa menghindari hal tersebut agar tidak mengotori hati kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan iri dan dengki? Simak artikel berikut baik-baik.

3 Cara Menghilangkan Iri dan Dengki 

Iri dan dengki adalah suatu hal yang buruk yang bisa merugikan diri kita, karena ketika kita iri dan dengki kepada orang lain menyebabkan diri kita tersiksa secara tidak kita sadari. Dan lebih parahnya, akan terlintas dipikiran terkait hal buruk dan negatif yang akan dilakukan demi bisa mendapatkan hal yang sama dengan yang didapatkan orang lain. Hal tersebut sangatlah buruk dan sebisa mungkin harus kamu hindari. Disebutkan dalam QS. An-Nisa ayat 32 terkait larangan agar tidak iri hati dan dengki kepada orang lain, yang berbunyi : 

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْاۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَۗ وَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

Artinya : “Janganlah kamu berangan-angan (iri hati) terhadap apa yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. Bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala sesuatu.” 

Ada beberapa cara menghilangkan iri dan dengki yang bisa kamu terapkan diantaranya : 

  1. Selalu Utamakan Bersyukur

Cara menghilangkan iri dan dengki yang pertama yaitu dengan selalu bersyukur atas segala hal yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan kita selalu bersyukur dan cukup atas segala hal yang diberikan oleh Allah SWT kita akan menyakini bahwa apapun yang diberikan oleh Allah kepada kita adalah suatu hal yang baik dan sangat cukup sesuai porsi diri kita. Sehingga jika kita selalu bersyukur, kita tidak akan merasa iri atas segala hal yang dimiliki oleh orang lain. 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya : “(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.” (Q.S. Ibrahim: 7).

  1. Perbanyak Istighfar dan berdoa

Ketika merasa iri dan gelisah ketika melihat pencapaian orang lain, cara menghilangkan iri dan dengki selanjutnya yaitu perbanyak untuk istighfar dan memohon ampun kepada Allah karena telah merasa iri atas segala hal yang dimiliki orang lain. Jangan lupa berdoa untuk selalu diberikan perlindungan dari segala sifat jelek dari iri dan dengki. 

  1. Melihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Hal yang menjadikan timbulnya iri dengki adalah karena kita hanya melihat dari hasil yang didapat. Kita tidak pernah tahu usaha dan ikhtiar apa yang dilakukan agar bisa mendapatkan hasil tersebut. Jika demikian, ketika kamu merasa iri atas hal yang didapatkan oleh orang lain, mulailah berfikir dan melihat dari banyak sudut pandang tentang bagaimana proses mendapatkannya. Ketika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, kita tidak akan merasa iri dan dengki atas pencapaian orang lain.

Itu dia 3 cara menghilangkan iri dan dengki dalam pandangan islam. Semoga dari penjelasan diatas, bisa menghambat diri kita untuk tidak merasa iri dan dengki atas pencapaian orang lain. 

Baca Juga : Inilah 5 Ciri Orang Munafik Menurut dalam Pandangan Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp