5 Penyebab Doa Tidak Terkabul

Alfatihah.com – Merasa rajin berdoa kepada Allah SWT tetapi doa tidak terkabul? bisa jadi ada beberapa penyebab doa tidak terkabul yang tidak kamu ketahui. Allah SWT mengetahui segala yang baik untuk hamba-Nya, bisa jadi doa dikabulkan di dunia secara langsung, bisa jadi juga Allah SWT menunda doa hamba-Nya dan menggantinya pada waktu yang tepat. Namun, jika merasa doa tidak dikabulkan, mungkin ada beberapa penyebab doa tidak terkabul yang menghambat terkabulnya doa, simak penjelasan berikut.

5 Penyebab Doa Tidak Terkabul 

Ada beberapa penyebab doa tidak terkabul meskipun sudah rajin berdoa dan berdoa secara bersungguh-sungguh, diantaranya : 

  1. Putus Silaturahmi 

Memiliki hubungan yang buruk dengan orang lain hingga putus silaturahmi bisa menjadi salah satu penyebab doa tidak terkabul. Dengan memutus silaturahmi menyebabkan hidup seseorang tidak berkah. Rasulullah SAW berkata : 

“Ada beberapa kelompok dari umatku yang do’a nya tidak dikabulkan, di antaranya adalah orang yang berdo’a untuk memutuskan tali silaturahmi.”.

  1. Berdoa dengan Cara Mindikte Allah SWT 

Penyebab doa tidak terkabul selanjutnya yaitu berdoa dengan mendikte Allah SWT. Berdoa dengan cara memanjatkan segala doa yang diinginkan tapi hanya untuk nafsu semata sangatlah tidak dibenarkan. Allah SWT maha tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya, jadi tanpa didikte pun Allah akan memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya.

  1. Memiliki Hati yang Kotor

Memiliki hati yang kotor sangatlah buruk dan menjadi penyebab doa tidak terkabul. Hamba yang memiliki hati yang kotor sangat tidak disukai Allah SWT, maka dari itu meskipun ia berdoa Allah SWT tidak mengabulkan.

  1. Sombong

Orang yang sombong doanya tidak akan dikabulkan Allah SWT. Allah SWT sangat membenci orang yang memiliki sifat sombong. Rasulullah SAW pernah berkata : 

“Apabila kamu berdo’a, janganlah berkata, Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau menghendaki, rahmatilah aku kalau Engkau kehendaki dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki.”. Dapat disimpulkan bahwa memiliki sifat sombong menjadi salah satu penyebab doa tidak terkabul.

  1. Tamak

Serakah atau tamak dalam berdoa sangatlah dilarang dan akan menjadi salah satu penyebab doa tidak dikabulkan. Banyak berdoa namun tidak ikhtiar akan hal yang diinginkan akan sia-sia karena doa tidak akan terkabul.

Itu dia beberapa penyebab yang menjadikan doa tidak terkabul meskipun rajin memanjatkan doa. Hindari sebisa mungkin penyebab yang menjadikan doa kita tidak terkabul dan mulai intropeksi diri atas segala doa yang telah dipanjatkan.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Dia 4 Alasan Diperbolehkan Shalat Jamak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp