Apakah Haram Berjabat Tangan dengan Wanita Tua? 

Alfatihah.com – Sejumlah orang beriman bingung bagaimana hukumnya berjabat tangan dengan wanita tua. “Apakah hukumnya haram sama dengan kondisi jabat tangan dengan perempuan muda yang masih bisa menumbuhkan nafsu?” Ternyata ada jawaban yang spesifik tentang hal ini dan bisa kamu jadikan pegangan untuk menentukan sikap di kemudian hari. Lalu, bagaimana jawaban dari pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua? Simak ulasannya berikut ini!

Hukum Dasar Berjabat Tangan dengan Wanita

Ulasan jawaban dari pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua akan diawali dengan hukum dasar berjabat tangan dengan wanita. Syariat Islam tegas perihal jabat tangan ini dan menjadi sebuah aturan yang jelas bagi laki-laki beriman. 

Keumuman hadis yang diriwayatkan dari Ma’qil bin Yassar Radhiyallahu’anhu dari Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam beliau bersabda

لَأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لَا تَحِلُّ لَهُ

Artinya: “Sungguh ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.

Hadis tersebut menunjukkan tidak adannya penjelasan lanjutan apakah ada pengecualian untuk wanita tua dalam urusan berjabat tangan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pun memberi contoh yang jelas bahwa hanya membaiat wanita dengan ucapan daja tanpa berjabat tangan.

Aisyah Radhiyallahu Anha juga menceritakan tentang hal tersebut 

وَاللهِ مَا مَسَّتْ يَدُ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عليه وسَلَّم يَدَ امْرَأَةٍ قَطُّ، غَيْرَ أَنَّهُ بَايَعَهُنَّ بِالكَلَامِ

Demi Allah, tangan beliau tidak pernah menyentuh tangan perempuan sama sekali. Beliau membaiat para wanita dengan perkataan (saja).” Muttafaq’alaih (H.R. Bukhari No. 5288, Muslim No. 1866) Dalam riwayat lainnya Rasulullah juga bersabda “Sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan wanita.” (H.R. Tirmidzi No. 1597, H.R. An Nasa’i No. 4181, H.R. Ibnu Majah No. 2874. Hadis sahih)

Apakah Haram Berjabat Tangan dengan Wanita Tua

Sejumlah hadis yang telah disebutkan sebelumnya menjadi gambaran, tetapi secara keseluruhan mengandung larangan secara hukum. Larangan ini juga telah dijalankan oleh Rasulullah dan dengan tegas beliau memilih tidka berjabat tangna meski sedang membaiat perempuan. 

Dalam kondisi lainnya, saat berjabat tangan dengan perempuan tua maupun muda kulit yang bersentuhan bisa menumbuhkan syahwat atau nafsu dan ini lebih besar kemungkinannya daripada hanya melihat sajajjj. Oleh karena itulah, pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua maupun muda ternyata bisa menimbulkan fitnah, karena berbagai ujian dan godaan sebab aktivitas tersebut.

Rasulullah pun telah memperingatkan kaum muslimin, terutama laki-laki untuk meninggalkan aktivitas ini atau aktivitas yang bisa mendekatkan dirinya pada jebakan fitnah. “Tidaklah aku tinggalkan sebuah fitnah yang lebih bahaya bagi laki-laki daripada seorang wanita.” Muttafaq’alaih (H.R. Bukhari No. 5096, muslim No. 2740) 

Inilah yang menjadi dasar hukum haram atas pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua terlebih wanita muda bagi laki-laki beriman. Hal ini harus kamu pahami sebagai tindakan preventif atau pencegahan unutk hal-hal yang lebih buruk lainnya. Konsep ini selaras dengan kaidah fikih bahwa مَا أَدَّى إِلَى حَرَامٍ فَهُوَ حَرَامٌ “Segala sesuatu yang bisa mengantarkan kepada keharaman, maka ia pun haram.

Itulah jawaban dari pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua dan jawabannya adalah haram, seperti hukum asalanya yang melarang laki-laki beriman untuk berjabat tangan dengan wanita. Semoga setelah ini kamu bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam mengambil pilihan untuk menghadapi kondisi yang mengharuskan kamu berjabat tangan dengan wanita baik tua maupun muda.

Melipat tangan ke dada bagian depan kemudian sedikit menunduk bisa kamu lakukan saat dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskanmu berjabat tangan dengan wanita tua atau muda bisa menjadi solusi. Menyatukan kedua telapak tangan kemudian seidikit juga bisa kamu lakukan untuk menghidnari jabat tangan dengan lawan jenis. Tujuannya bukan hanya menghindari bersentuhan dengan non mahram, tetapi juga ada nilai penghormatan bagi orang lain yang belum memahami bahwa laki-laki beriman tidak boleh bersnetuhan tangan atau kulit dengan perempuan non mahram. Semoga bermanfaat ulasan tentang pertanyaan apakah haram berjabat tangan dengan wanita tua ini. Barakallahufikum.

Baca Juga: Apakah Sah Puasa Perempuan yang Tidak Berjilbab? Ini Dia Jawabannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp