Kaum Hawa Wajib Waspada! Inilah 5 Hal yang Menyebabkan Wanita Masuk Neraka

Alfatihah.com – Sejumlah hal yang menyebabkan wanita masuk neraka patut untuk dipertanyakan. Pasalnya wanita merupakan makhluk yang sangat mulia dalam agama Islam, derajatnya yang dulu pernah direndahkan, kini sangat ditinggikan. Mengingat begitu mulianya seorang wanita, Allah SWT bahkan menurunkan satu surah dengan nama An-Nisa yang artinya wanita (perempuan). Sayangnya, meski agama Islam telah mengatur agar wanita senantiasa memiliki kedudukan yang mulia, mereka justru menjadi makhluk yang paling banyak menghuni neraka. Hal ini sebagaimana dilihat oleh Rasulullah SAW ketika melaksanakan Isra’ Mi’raj. Lalu apa yang menyebabkan seorang wanita masuk neraka? Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Inilah 5 Hal yang Menyebabkan Wanita Masuk Neraka

  1. Melupakan Kebaikan Suami

Mengutip laman Dalam Islam, hal yang menyebabkan wanita masuk neraka yang pertama adalah melupakan kebaikan suami. Biasanya wanita seperti ini kerap mengungkit kesalahan-kesalahan yang dilakukan suaminya, dan hanya karena hal kecil ia mudah sekali melupakan kebaikan dan pengorbanan suaminya yang telah lalu.. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari

Rasulullah bersabda, “ … dan aku melihat Neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita. “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) nescaya dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.’ ” (Hadis Riwayat Imam Al-Bukhari).

2. Ghibah

Hal yang menyebabkan wanita masuk neraka selanjutnya adalah karena dosa dari berghibah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kaum wanita kerap berkumpul dan bergunjing dalam perkumpulannya. Padahal menggunjing atau menggibah merupakan hal yang dilarang dalam agama Islam. Hal inilah yang menjadi pemicu banyaknya kaum wanita di neraka.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka ‘memakan daging’ saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”(Al-Hujurat : 12).

3. Meminta Cerai Tanpa Alasan Syari

Hal yang menyebabkan wanita masuk neraka selanjutnya adalah meminta cerai tanpa alasan syar’i pada suaminya. Wanita terkadang memiliki keadaan emosional yang kerap berubah-ubah, hanya karena alasan sepele bisa saja ia meminta cerai kepada suaminya. Tentunya perilaku seperti ini harus dihindari agar seorang wanita tidak berakhir menjadi penghuni neraka. Karena sebagaimana sabda Rasulullah SAW, seorang wanita yang meminta cerai pada suaminya tanpa alasan yang syar’i akan diharamkan oleh Allh SWT mencium bau surga.

 “Wanita mana saja yang meminta cerai pada suaminya tanpa sebab (yang syar’i) maka haram baginya mencium wangi Syurga.” (Hadis Riwayat Abu Daud dan At-Tirmizi ).

4. Keluar rumah tanpa ijin suami

Hal yang menyebabkan wanita masuk neraka selanjutnya adalah keluar rumah tanpa izin dari suami. Khususnya jika seorang wanita yang telah bersuami hendak berpergian jauh, ia harus mendapatkan izin dari suaminya. Apabila sang suami tidak mengizinkan dan sang istri tetap pergi maka sang istri berdosa karena berperilaku demikian

”Hak suami terhadap isterinya adalah isteri tidak menghalangi permintaan suaminya sekalipun semasa berada di atas punggung unta , tidak berpuasa walaupun sehari kecuali dengan izinnya, kecuali puasa wajib. Jika dia tetap berbuat demikian, dia berdosa dan tidak diterima puasanya. Dia tidak boleh memberi, maka pahalanya terhadap suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suaminya. Jika dia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali , sekalipun suaminya itu adalah orang yang alim.” (Hadist riwayat Abu Daud Ath-Thayalisi daripada Abdullah Umar)

5. Tidak peduli pada suami

Hal yang menyebabkan wanita masuk neraka selanjutnya adalah tidak memperdulikan suami. Rasulullah SAW secara terang-terangan menegur wanita yang mengacuhkan suaminya. Karena kedudukan suami bagi seorang istri bisa menentukan surga dan nerakanya.

Dari Husain bin Muhshain dari bibinya berkata: “Saya datang menemui Rasulullah SAW. Beliau lalu bertanya: “Apakah kamu mempunyai suami?” Saya menjawab: “Ya”. Rasulullah SAW bertanya kembali: “Apa yang kamu lakukan terhadapnya?” Saya menjawab: “Saya tidak begitu mempedulikannya, kecuali untuk hal-hal yang memang saya membutuhkannya” . Rasulullah SAW bersabda kembali: “Bagaimana kamu dapat berbuat seperti itu, sementara suami kamu itu adalah yang menentukan kamu masuk ke surga atau ke neraka” (HR. Imam Nasai, Hakim, Ahmad dengan Hadis Hasan).

Itu dia 5 hal yang menyebabkan wanita masuk neraka. Dengan mengetahuinya kita bisa menghindari perilaku-perilaku tersebut, agar di akhirat kelak tidak menjadi salah satu golongan wanita yang dilemparkan ke dalam api neraka.

Baca Juga : 4 Keutamaan Perempuan dalam Al-Quran dan Hadits, Salah Satunya Sebagai Sebaik-Baik Perhiasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp