3 Hal yang Mendatangkan Rezeki dari Allah

Alfatihah.com – Ada 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 3 Hal tersebut bisa kamu terapkan sebagai upaya ikhtiar untuk memaksimalkan upaya meraih rezeki dan meningkatkan takwa dalam beribadah sehari-hari. Lantas, apa saja 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah? Simak ulasannya berikut ini!

Konsep Mencari Rezeki

Sebelum mengetahui dan memahami tentang 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah kamu harus tahu dulu tentang konsep rezeki yang didasarkan pada kitab Ihya Ulumuddin. Dalam kitab Ihya Ulumuddin dijelaskan bahwa umat Islam dianjurkan giat mencari rezeki tapi dilarang untuk bermegah-megahan atau foya-foya.

Usaha mencari rezeki harus ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup, beribadah, dan meningkatkan takwa pada Allah. Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjelaskan tentang konsep mencari rezeki yang diumpamakan dengan cara burung mencari makan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda “Mereka keluar pagi-pagi dengan kantung makanan yang kosong, dan pulang sore hari dengan kantung makanan yang penuh terisi.” (Diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah)

Konsep mencari makan seperti burung ini adalah perumpamaan bagi kaum muslimin untuk mencari rezeki demi memnuh kebutuhan sehari-hari dan tidak menelantarkan diri sendiri atau zalim. Tujuan mencari rezeki tidak boleh untuk bermegah-megahan atau foya-foya sehingga melalaikan diri dari meningkatkan ketakwaaan pada Allah.

Banyak kisah yang bisa kaum muslimin contoh untuk menjalankan usaha mencari rezeki yang halal. Rasulullah pun sudah belajar berdagang sejak kecil dan menjadi pengusaha yang handal di bidangnya. Sayidina Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu pernah mengatakan, “Janganlah kalian duduk berpangku tangan dari mencari rezeki yang halal, dan hanya berdoa, “Ya Allah, berilah aku rezeki.” Ketahuilah, bahwa langit tidak akan menurunkan hujan emas maupun perak.

Jabir bin Abdullah Radhiyallahu anhu juga pernah mendapati Umar bin Khatab datang dan berkata padanya tentang kemuliaan seseorang yang mencari rezeki secara mandiri. “Apa yang tengah engkau lakukan itu sungguh mulia, karena sekali-kali engkau tidak bergantung kepada orang lain dalam memenuhi kebutuhanmu. Semua yang telah engkau lakukan itu akan menyelamatkan agamamu, serta engkau akan lebih dihargai oleh orang lain atas usahamu.” Inilah mengapa mencari rezeki bagi seorang muslim harus diniatkan untuk menghargai diri sendiri, memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan berusaha agar tidak menyusahkan orang lain.

3 Hal yang Mendatangkan Rezeki dari Allah

Takwa pada Allah

Hal pertama dari 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah adalah takwa pada Allah. Takwa memang menjadi kunci jika ingin rezekinya dilancarkan oleh Allah. Seseorang yang beriman pasti akan meluruskan niatnya untuk terus memaksimalkan kemampuan diri untuk meraih takwa yang lebih baik untuk Allah.

Dalam Alquran surat At Thalaq ayat 2-3 Allah menjelaskan bahwa ketakwaan pada Allah bisa menjadi sumber dan kunci lancarkan rezeki dari Allah. “…Siapa yang bertakwa kepada ALlah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar untuknya, Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (Q.S. At Thalaq: 2-3)

Mengeluarkan Harta di Jalan Allah

Hal kedua dari 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah adalah mengeluarkan harta di jalan Allah. Mengeluarkan harta di jalan Allah itu maksudnya adalah kamu mengeluarkan sebagian dari harta yang kamu miliki untuk sedekah atau membantu upaya dakwah, dll. 

Hal ini secara jelas Allah terangkan dalam Alquran surat Saba ayat 39 yang berisi penjelasan tentang janji Allah pada orang-orang beriman untuk mengeluarkan sebagian hartanya pada jalan Allah dan jangan pernah takut, sebab harta tersebut akan diganti oleh Allah. “Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (Q.S. Saba: 39)

Silaturahmi

Hal ketiga dari 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah adalah silaturahmi. Silaturahmi bisa menjadi sebab terbuka pintu rezeki dan konsep ini sudah banyak dipahami oleh kaum muslimin. Dalam sebuah hadis dijelaskan tentang bahwa siapa saja yang ingin dilapangkan rezekinya, maka ia bisa meyambung tali silaturahmi. “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya ia menyambung silaturahmi.” (H.R. Bukhari)

Itu dia ulasan tentang 3 hal yang mendatangkan rezeki dari Allah dan bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dari ulasan ini kamu bisa mendapat inspirasi untuk terus memperbaiki diri dan bisa membukan pintu-pintu rezeki atas izinnya. InsyaAllah.

Baca Juga: Yuk Amalkan Doa Melancarkan Rezeki Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp