Begini Sikap Umar bin Khatab dalam Menjaga Wanita

Alfatihah.com – Banyak kisah sahabat Nabi yang memiliki sikap khusus dalam menjaga wanita, tak terkecuali Umar bin Khatab. Sikap Umar bin Khatab dalam menjaga wanita ini bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga diri maupun mengingatkan teman-teman perempuanmu. Bagaimakanakah sikap Umar bin Khatab dalam menjaga wanita? Simak ulasan berikut!

Sikap Umar bin Khatab dalam Menjaga Wanita

Sikap sahabat Nabi dalam memimpin kaum muslimin sepeninggal Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam memang bisa menjadi inspirasi khusus untuk kaum muslimin. Sikap Umar bin Khatab dalam menjaga wanita pun bisa menjadi inspirasi khusus untuk kamu yang ingin memperbaiki diri dan ingin teman-teman muslimah di sekitarmu merasakan hal yang serupa. 

Teladan yang Umar bin Khatab contohkan dalam menjaga wanita dijelaskan dalam sebuah dalil. Umar bin Khatab radhiyallahu anhu berkata: “Bimbinglah para wanita dalam berpakaian. Sesungguhnya salah seorang dari mereka apabila telah memiliki banyak pakaian dan perhiasan yang bagus, maka akan membuat ia senang keluar rumah.” (Fathul Qadir IV 347)

Perkataan tersebut adalah amanah sekaligus sikap dari Umar bin Khatab dalam menjaga wanita yang diabadikan dalam sebuah dalil yang menjelaskan bagaimana ucapan khalifah Umar. Khalifah Umar sadar betapa besarnya fitnah wanita di kemudian hari, oleh karena itulah beliau memberikan pesan agar pendidikan untuk para muslimah tentang cara berpakaian dan menjaga sikap.

Dalam sebuah hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menjelaskan tentang fitnah besar yang akan laki-laki terima, yaitu fitnah wanita. “Tidak ada fitnah yang aku tinggalkan setelahku yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada fitnah wanita.” (H.R. Al Bukhari No. 5096 dan Muslim No. 2740)

Tak heran jika perumpaan muslimah yang baik adalah tiang-tiang peradaban, sebab dari rahim perempuan yang baiklah seorang keturunan yang baik akan lahir. Hal inilah yang kemudian menjadikan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dan sahabat-sahabatnya memiliki fokus yang besar pada perlindungan dan peningkatan derajat perempuan yang pada masa itu dipandang sebelah mata.

Kini, perjuangan ulama pun terus berlanjut dengan tantangan zaman yang berubah dan menjadikan sikap Umar bin Khatab dalam menjaga wanita selalu relevan hingga saat ini. Banyak tantangan di zaman ini yang bisa meggelincirkan kaki dan fokus muslimah untuk mengejar rida Allah daripada kesenangan dunia.

Banyak praktik berpakaian hingga pilihan sikap muslimah di masa kini yang bisa membuat laki-laki mengalami fitnah wanita dan wanita mengalami kerugian di akhirat. Dalam sebuah hadis dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu menyampaikan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda “Wanita adalah aurat, jika ia keluar maka setan akan mengiringinya.” (H.R. At Tirmidzi No. 1173 dan lainnya disahihkan oleh Syaikh Albani)

Itu dia ulasan tentang sikap Umar bin Khatab dalam menjaga wanita. Pada dasarnya Islam datang untuk memuliakan dan meninggikan derajat muslimah dengan syariatnya. Sayangnya masih banyak muslimah yang belum paham dengan kemuliaannya dalam pandangan Islam dan malah memandangnya sebagai pengekangan. 

Hal itulah yang harus kamu pahami ulang saat ini dengan kembali membaca syariat Islam dalam mengatur dan menjaga perempuan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan insprasi untukmu wahai muslimah. Wallahu’alam. Brarakallahufikum.

Baca Juga: Umar Khayyam Sang Penyair dari Zaman Keemasan Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp