Ini Dia 3 Nasihat Ibnu Abbas yang Harus Kamu Tahu

Alfatihah.com – Ada 3 nasihat Ibnu Abbas yang termasuk salah satu sahabat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Ia adalah putra paman Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang pada masanya menjadi tokoh yang akrab dibahas Ibnu Abbad, sebab dijuluki sebagai ahli tafsir Alquran terbaik. Lalu, apa saja 3 nasihat Ibnu Abbas yang harus kamu tahu? Simak ulasan berikut ini!

Menjaga Lisan

Nasihat Ibnu Abbas yang pertama adalah menjaga lisan. Menurut Dr. Umar Abdul Al Kafi dalam kitabnya berjudul Afaatu al Lisaan merangkum sejumlah nasihat yang pernah disampaikan oleh Ibnu Abbas.

Hal pertama yang disampaikan oleh Ibnu Abbas adalah perintah untuk menjaga lisan. Beliau menegaskan untuk jamaah bahwa ketika berbicara ucapan yang disampaikan harus mengandung hikmah dan ilmu yang bermanfaat. 

Dalam berbicara kamu harus memperhatikan kata-kata yang digunakan dan bagimana caramu menyampaikan pesan atau nilai dalam kata-kata itu. Sopan juga menjadi hal penting yang harus diutamakan saat berbicara sesuai dengan pesan Ibnu Abbas. 

Dalam aktivitas diskusi pun Ibnu Abbas menekankan bahwa seorang muslim tidak boleh berbantah-bantahan dengan kata-kata yang kasar. Beliau mengingatkan tentang makna surat An Nahl ayat 125 yang artinya “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.

Introspeksi Diri

Nasihat Ibnu Abbas yang kedua adalah introspeksi diri. Nasihat yang kedua ini menjadi penting, karena Ibnu Abbas memberikan petuah ini pada para santrinya untuk menerapkan aktivitas introspeksi diri ini secara berkala dengan meminta keluarga, teman-teman dekat, hingga keluarga.

Hal tersebut bertujuan untuk meminta pendapat dan peringatan untuk seluruh kesalahan yang telah dilakukan. Orang-orang terdekatmu biasanya bisa menjadi pengingat terbaik untuk dirimu apabila kamu melakukan kesalahan atau hal-hal yang tidak baik. Menurut sahabat Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam instropeksi diri bisa menjadi sebuah cara untuk merawat silaturahmi, karena orang-orang terdekat biasanya akan lebih terbuka dengan kesalahan yang terjadi pada diri. Tindakan ini juga sebaiknya dilakukan secara tertutup agar kamu atau orang yang meminta koreksi tidak malu dan merasa dipermalukan di depan orang banyak.

Pandai Berteman

Nasihat Ibnu Abbas yang ketiga adalah pandai berteman. Ibnu Abbas memberikan pesan ini pada kaum muslimin agar setiap orang mampu menjalin hubungan yang baik dengan teman atau orang-orang terdekatnya. Namun, jangan lupa untuk menjaga sikap dengan menghadirkan akhlak yang baik sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan dengan akhlak baik tersebut.

Contoh terbaik yang pernah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam lakukan pada sahabat-sahabatnya dengan menghadirkan keamanan, kenyamanan, dan kebahagiaan pada siapa saja yang ada di dekat beliau. Salah satu contoh nyata sikap Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang bisa dicontoh dalam menjalin pertemanan adalah tidak memotong pembicaraan hingga seseorang itu selesai bicara.

Itu dia ulasan tentang 3 nasihat Ibnu Abbas yang bisa langsung kamu terapkan dalam aktivitas sehari-hari. Selain nasihat dari Ibnu Abbas kamu juga bisa melihat sikap Nabi Shallalalhu Alaihi Wa Sallam dalam menjalin hubungan sebagaimana Ibnu Abbas jelaskan dalam ulasan di atas. Semoga bermanfaat. Barakallahufikum.

Baca Juga: Rahmah El Yunusiyah: Tokoh Perempuan yang Memberi Pengaruh Pada Pendidikan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp