5 Gaya Hidup Sehat Rasulullah yang Harus Dicontoh

Alfatihah.com – Banyak gaya hidup sehat Rasullullah yang harus kamu contoh untuk menjadi muslim yang kuat fisik dan iman. Banyak perangai dari Rasulullah yang bisa dijadikan teladan meski penerapannya sering mendapat tantangan. Lalu, apa saja gaya hidup sehat Rasulullah yang dicontoh? Ini dia ulasannya!

Meminimalisir Begadang

Banyak gaya hidup sehat yang Rasulullah contohkan, salah satunya adalah meminimalisir begadang. Kemudahan mendapat informasi seperti kondisi kita saat ini membuat jam tidur kadang semakin berantakan. Tak hanya distraksi media sosial saja yang membuat fokus semakin terpecah, tetapi juga membuat diri semakin menunda untuk beristirahat di malam hari.

Nah, contoh gaya hidup sehat Rasulullah satu ini adalah bukti nyata bahwa seorang pribadi unggul seperti Nabi memang benar-benar mengatur diri agar tidak tidur terlalu malam. Bukan hanya begadang akan berpengaruh pada kesehatan diri, tetapi juga akan berpengaruh pada ibadah malam hari. Oleh karena itulah Rasulullah selalu menjaga pola tidurnya agar tidak terlalu larut malam dan bisa bangun lebih awal untuk salat Tahajud.

Sering Berpuasa

Gaya hidup sehat Rasulullah berikutnya adalah sering berpuasa. Rasulullah adalah seseorang yang sering sekali berpuasa, bukan hanya karena puasa itu menyehatkan, tetapi juga cermin pribadinya yang sangat sedikit makan. Dalam sebuah kisah pun diceritakan bahwa Rasulullah sangat perhatian dengan istrinya, sehingga ketika dia dapat rumah tidak ada makanan yang bisa dimakan makan seketika Rsulullah berpuasa. Namun, ketika istrinya memasak maka beliau akan makan masakan istrinya.

Dalam penelitian yang ada saat ini puasa terbukti membawa hasil yang baik bagi kesehatan tubuh. Kondisi perut kosong ternyata dibutuhkan manusia dalam menjalani hidup yang seringkali banyak mengonsumsi makanan. Perut yang kosong bisa menjadi momentum detoksifikasi tubuh yang jarang disadari banyak orang. 

Hal inilah yang menjadikan seorang muslim harusnya semakin meyakini gaya hidup sehat Rasulullah yang ternyata terbukti secara medis bisa menunjang kesehatan tubuh. Jadi, tidak hanya meyakininya sebagai bagian dari perintah agama, tetapi juga sebagai wujud bahwa apa-apa yang Allah perintahkan ternyata terbukti bermanfata secara ilmiah.

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan menjadi gaya hidup sehat Rasulullah berikutnya yang harus kamu contoh juga. Gaya hidup satu ini mejadi tantangan besar bagi kehidupan sehari-hari saat ini, karena banyaknya jenis makanan dan promo kuliner yang selalu saja muncul meski tidak dicari.

Memang, generasi muslim saat ini punya tantangan tersendiri di bidang makanan, terutama untuk mengelola nafsu perut. Tak heran, jika perang melawan nafsu perut menjaid semakin berat di masa sekarang, karena banyaknya penawaran menarik yang disajikan berbagai penjual makanan kecil hingga produsen makanan besar.

Gaya hiduop sehat Rasulullah dalam menjaga pola makan satu ini juga bisa kamu contoh, yaitu rutin minum segelas air dingin yang dicampur madu asli di pagi hari, memakan 7 butir kurma di waktu dhuha, dan menerapkan konsep pembagian perut ⅓ untuk makanan, ⅓ untuk air, dan ⅓ untuk udara.

Banyak jenis makanan sehat yang juga sering Rasulullah konsumsi selama hidup. Mulai dari madu, kurma, zaitu, minyak zaitun, susu, dan bahan makanan sehat lainnya yang biasa Rasulullah konsumsi setiap hari.

Olahraga

Olahraga menjadi gaya hidup sehat Rasulullah berikutnya yang sering menjadi sumber dari pembentukan tubuh dan peningkatan kekuatan tubuh. Kebiasaan Rasulullah berjalan kaki juga menjadi contoh gaya hidup sehat Rasulullah yang harus kamu contoh. 

Minimnya orang-orang saat ini untuk berjalan kaki menyebabkan kekuatan kaki dan tubuh kaum muslimin tidak sekuat generasi terdahulu. Padahal, muslim yang kuat lebih Allah cintai daripada muslim yang lemah. Contoh gaya hidup sehat yang Rasulullah lakukan menjadi bukti nyata bahwa apa-apa yang beliau lakukan dan alami selalu membawa hikmah bagi generasi muslim saat ini.

Selain kebiasaan harian berjalna kaki, Rasulullah juga gemar berolahraga dengan berbagai jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk kaum muslimin. Sejumlah olahara tersebut, yaitu berkuda, memanah, dan berenang. Ketiga jenis olahraga tersebut telah Rasulullah lakukan sebagai sebuah kebiasaan hidup sehat dengan menyeimbangan diri untuk mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Berbekam

Gaya hidup sehat Rasulullah yang terakhir adalah berbekam. Bekam menjadi sunah Nabi, karena kebiasana Rasulullah untuk berbekam secara rutin terbukti secara ilmiah memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Said bin Jubir berkata dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda “Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara, perama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pegobatan dengan besi panas.” (H.R. Bukhori) Hadis ini menjadi salah satu landasan mengapa bekam menjadi sunah Nabi dan sebaiknya dilakukan oleh kamu muslimin.

Itu dia 5 gaya hidup sehat Rasulullah yang isa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah hikmah dari kebiasaan terbaik dari manusia terbaik yang layak diamalkan. Semoga bermanfaat. Barakallahu fikum.

Baca Juga: Islam dan Minimalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp