4 Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran, Nomor 4 Jarang Diketahui

Alfatihah.com – Ada banyak keutamaan mengkhatamkan Al-Quran yang bisa diraih seorang hamba, keutamaan-keutamaan tersebut pun amatlah istimewa karena belum tentu ada dalam amalan-amalan yang lain. Oleh karena itu sudah sepatutnya seorang muslim merutinkan aktivitas membaca Al-Quran sebagai rutinitas dalam hidupnya.

4 Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran

  1. Didoakan Malaikat

Keutamaan mengkhatamkan Al-Quran yang pertama adalah mendapat doa dari para malaikat. Doa ini berlaku bagi seorang muslim yang memiliki rutinitas membaca Al-Quran. Saat muslim tersebut berhasil mengkhatamkan 30 Juz Al-Quran, maka akan turun 60.000 malaikat yang mendoakan dan memohonkan ampunan untuknya. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami.

“Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Quran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya” (HR. ad-Dailami).

Tak hanya yang berhasil mengkhatamkan Al-Quran, orang yang berhasil membaca 100 ayat Al-Quran dalam satu malam, maka ia akan dicatatkan kebaikan baginya pada malam tersebut. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Ahmad.

“Siapa saja yang membaca Al-Quran seratus ayat dalam satu malam, maka akan dicatat untuknya ketaatan satu malam itu.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapatkan Syafaat

Membaca dan mengkhatamkan Al-Quran merupakan amalan yang mulia, karena dibalik amalan tersebut terdapat banyak keutamaan Al-Quran yang belum tentu ada dalam amalan-amalan yang lain. Menurut laman Nu Blitar, kitab suci Al-Quran akan datang di hari kiamat pada  seorang hamba yang menyibukkan diri dengan Al-Quran sebagai Syafaat (Penolong) semasa di dunia. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah aw yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

“Bacalah Al-Quran. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya,” (HR. Ahmad)

Adapun bagi seorang muslim yang selalu membaca Al-Quran dan ia tidak sempat membaca dzikir lain, maka ia akan mendapatkan balasan terbaik. Balasan yang disiapkan pun berkali lipat lebih indah daripada apa yang hamba tersebut minta. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Said yang bersumber dari Rasulullah Saw.

“Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya,” (HR. Al-Baihaqi)

  1. Mendapat Ketenangan

Keutamaan mengkhatamkan Al-Quran selanjutnya adalah mendapat ketenangan yang bersumber dari Allah Swt karena aktivitas yang ia lakukan. Hamba tersebut akan senantiasa diliputi ketenangan, meski ia sedang berada dalam situasi yang tidak baik-baik saja. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya .” (HR. Muslim)

  1. Dicintai Allah

Keutamaan mengkhatamkan Al-Quran yang terakhir adalah termasuk salah satu hamba yang mengamalkan amalan yang sangat dicintai oleh Allah Swt. Oleh sebab itu, seorang hamba yang membaca Al-Qur’an juga mendapat limpahan cinta dari Allah Swt karena aktivitas rutinnya.

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Itu dia 4 keutamaan mengkhatamkan Al-Quran yang bisa diraih oleh seorang hamba. Keutamaan-keutamaan tersebut Allah Swt janjikan agar hamba-hambanya semakin termotivasi untuk membaca dan berinteraksi dengan Al-Qur’an.

Baca Juga : Sayang Bila Dilewatkan, Inilah 4 Cara Menumbuhkan Cinta Pada Al-Quran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp