4 Keutamaan Perempuan dalam Al-Quran dan Hadits, Salah Satunya Sebagai Sebaik-Baik Perhiasan

Alfatihah.com – Agama Islam membawa sebuah ajaran yang sangat memuliakan kaum perempuan, dengan ajarannya Islam mampu membawa kaum hawa pada kedudukan Istimewa yang tidak ada pada agama-agama lain. Tak hanya itu, bahkan kaum lelaki pun diperintahkan turut andil dalam menjaga marwah seorang muslimah. Pun bagi seorang muslimah, mereka juga diwajibkan untuk menjaga diri dan kehormatan mereka sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam. Lalu apa saja keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan Hadits? simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Inilah 4 Keutamaan Perempuan dalam Al-Quran dan Hadits

  1. Perempuan Shalihah Termasuk Perhiasan Dunia

Mengutip dari laman Bincangsyariah, keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan Hadits ialah  termasuk perhiasan dunia, terlebih lagi bagi wanita shalihah maka mereka bisa disebut sebagai perhiasan yang paling indah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang shalihah.” (HR Muslim dari Abdullah bin Amr).

Tak hanya itu, Islam juga memuliakan wanita dan begitu menjaga keberlangsungan hidup mereka agar senantiasa dilindungi dan diperlakukan dengan baik oleh kaum lelaki. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Q.S An-Nisa ayat 34

اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْۗ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُۗ وَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّۚ فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًاۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا ۝٣٤

Artinya : Laki-laki (suami) adalah penanggung jawab atas para perempuan (istri) karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari hartanya. Perempuan-perempuan saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada karena Allah telah menjaga (mereka). (Q.S An-Nisa:34)

  1. Termasuk Karunia Alih-Alih Musibah

Keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan hadits selanjutnya adalah termasuk sebuah karunia bagi lelaki yang nanti menjadi suaminya. Ia digambarkan sebagai pasangan yang akan membuat hati suaminya tentram dan memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang amat luas.Hal ini sebagaimana direpresentasikan dalam Al-Quran Q.S An-Nahl ayat 72

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ ۝٧٢

Artinya : Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri, menjadikan bagimu dari pasanganmu anak-anak dan cucu-cucu, serta menganugerahi kamu rezeki yang baik-baik. Mengapa terhadap yang batil mereka beriman, sedangkan terhadap nikmat Allah mereka ingkar? (Q.S An-Nahl:72)

  1. Lebih Baik Dari Bidadari Surga

Keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan Hadits selanjutnya adalah bisa memiliki kedudukan yang lebih baik dari seorang bidadari surga. Hal ini tentunya hanya bisa diraih oleh seorang perempuan yang shalihah lagi menjalankan syariat Islam dengan baik dan benar. Amalan, pengabdian dan ibadah yang ia lakukan, kelak akan membuat bidadari surga merasa cemburu. Karena bidadari surga tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan hal serupa.

وفي الحديث أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إن الآدميات من نساء أهل الدنيا أفضل من الحور العين سبعين ألف ضعف

Artinya: “Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat,’”

  1. Perempuan yang Hamil dan Melahirkan Pahalanya Setara Jihad

Keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan Hadits terakhir adalah jika ia hamil dan melahirkan dengan cara yang halal, maka ia akan memperoleh pahala yang setara dengan orang yang berjihad. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud:

“Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah, Orang yang mati karena thaun, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, syahid. Orang yang mati sakit perut, syahid. Orang yang mati terbakar, syahid. Orang yang mati karena tertimpa benda keras, syahid. Dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111).

Itu dia keutamaan perempuan dalam Al-Quran dan Hadits. Selain termasuk perhiasan dunia, perempuan ternyata memiliki keistimewaan yaitu mendapat pahala Jihad tanpa harus terjun di medan jihad yaitu saat berhasil menjalani proses hamil dan melahirkan dengan cara yang diridhai oleh Allah SWT.

Baca Juga : Peran Wanita dalam Agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp