Jarang Diketahui! Inilah 6 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Bagi Seorang Muslim

Alfatihah.com – Wudhu adalah salah satu cara menyucikan diri dalam agama islam sebagai salah satu syarat untuk bisa menjalankan ibadah shalat. Tak hanya itu, menjalankan wudhu juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap bersih. Dengan menjaga tubuh senantiasa tetap bersih, maka kita pun akan dicintai oleh Allah Swt karena kebersihan sendiri termasuk sebagian dari iman. Namun pernahkah kita menyadari bahwa berwudhu di setiap keadaan memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kita. Tak hanya itu, bahkan berwudhu sebelum tidur juga memiliki sejumlah manfaat yang jarang diketahui. Berikut 6 manfaat wudhu sebelum tidur yang jarang diketahui.

Inilah 6 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Bagi Seorang Muslim

  1. Wajah Lebih Bersih dan Berseri

Mengutip dari laman Time News.id, manfaat wudhu sebelum tidur bagi seorang muslim yang pertama adalah mampu membuat wajah lebih bersih dan lebih berseri daripada hari-hari sebelumnya. Dengan membersihkan wajah menggunakan air wudhu khususnya sebelum tidur, maka debu, kotoran dan minyak di wajah lebih mudah dibersihkan dan tidak mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam. Selain itu, wudhu juga mampu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih segar. Tak heran, orang yang rutin berwudhu sebelum tidur cenderung memiliki wajah yang bersih dan berseri meski tidak menggunakan rangkaian Skin Care yang mahal.

  1. Membuat Otot Lebih Rileks dan Tidak Mudah Tegang

Rangkaian proses wudhu yang meliputi cuci tangan, berkumur, mencuci wajah,mencuci lengan dan sejumlah rangkaian lain mampu membuat otot-otot seseorang menjadi lebih rileks dan tidak mudah tegang.Wudhu ini juga bisa menghilangkan ketegangan yang ada pada diri seseorang setelah melakukan aktivitas sepanjang hari.

Saat tidur kita memerlukan ketenangan dari seluruh otot yang ada dalam tubuh kita, dengan melaksanakan wudhu sebelum tidur maka kita akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih tenang. Hal ini terjadi karena rangkaian prosesi wudhu secara tidak langsung telah menenangkan otot-otot kita yang tegang karena beraktivitas seharian.

  1. Membuat Detak Jantung Lebih Stabil

Manfaat wudhu sebelum tidur bagi seorang muslim selanjutnya adalah menstabilkan detak jantung. Ketenangan yang muncul dari rangkaian proses wudhu mempengaruhi kestabilan detak jantung seseorang. Saat dia menjalankan wudhu dengan tata cara yang benar dan menikmati setiap proses yang ia lakukan, maka detak jantung yang stabil akan sangat mudah ia dapatkan. Oleh sebab itu, wudhu bisa membuat detak jantung seorang mslim yang tidak beraturan menjadi lebih stabil daripada sebelumnya.

  1. Merangsang Saraf dan Meremajakan Tubuh

Saat kita membasuh anggota tubuh tertentu dalam rangkaian wudhu, maka banyak saraf-saraf yang secara tidak langsung kita rangsang. Dengan terjadinya proses rangsangan pada saraf-saraf di bagian tubuh yang terkena wudhu, maka efek tersebut mampu meremajakan tubuh seorang muslim. Tak hanya itu, kita akan lebih mudah tersadar setelah bangun dari tidurnya daripada orang yang tidak melakukan wudhu sebelum tidur.

  1. Menghadirkan Kenyamanan dan Ketenangan

Manfaat wudhu sebelum tidur selanjutnya adalah saat kita tidur dalam keadaan bersih dan suci, maka kita akan merasa nyaman dan tenang. Berbeda halnya apabila kita tidur dalam keadaan kotor dan belum melaksanakan wudhu, kita pasti tidak bisa tidur dengan tenang, dan tidak merasakan efek nyaman yang dihadirkan dari prosesi wudhu yang kita jalani. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk melaksanakan wudhu sebelum tidur di malam hari.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat wudhu sebelum tidur bagi seorang muslim yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya seputar wajah saja, kulit tangan, kulit kali dan kulit yang terkena ar wudhu akan terjaga kesehatannya. Hal ini terjadi karena kita tidur dalam keadaan bersih, khususnya di area-area yang terkena air wudhu.

Itu dia manfaat wudhu sebelum tidur yang jarang diketahui seorang muslim. Karena pada dasarnya wudhu tak harus selalu dilaksanakan sebelum menjalankan ibadah shalat, melainkan kita harus menjaga wudhu di setiap kondisi agar bisa meraih keutamaan dari Allah Swt. Terlebih lagi melaksanakan wudhu sebelum tidur, maka kita bisa memperoleh cinta dari Allah Swt sekaligus ketenangan dan kesehatan kulit.

Baca Juga : Inilah 4 Hal yang Membatalkan Wudhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp