Tahfidz Quran Rasa Liburan

Siapa tak ingin merasakan karantina tahfidz Quran rasa liburan? Bagaimana ya rasanya menghafal Alquran dengan suasana berlibur? Siapa tak ingin mengjadi orang-orang yang di dalam kepala terdpaat hafalan Quran. Tak sedikit juga yang berusaha menghafal dengan berbagai metode dan di berbagai tempat.

Menjadi seorang penghafal Quran atau yang sering kita sebut sebagai hafidz dan hafidzah memanglah tidak mudah. Niat serta tujuan dalam menghafal harus lurus dan benar dari awal proses menghafal hingga akhir, yaitu semata-mata karena Allah SWT. Selain itu dalam menjalani proses menjadi seorang hafidz/hafidzah juga membutuhkan tekat yang kuat dalam menjaga hafalannya. Bisa jadi hafalan yang telah dimiliki akan mudah hilang atau terlupa jika tidak dijaga dengan baik. Peringatan itu sesuai dengan penjelasan yang dijelaskan dalam riwayat hadis berikut:

تَعَاهَدُوا القُرْآنَ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَهُوَ أَشَدُّ تَفَصِّيًا مِنَ الإِبِلِ فِي عُقُلِهَا

Jagalah (hafalan) Alquran itu, maka demi Dzat, jiwaku di kekuasaaNya, sungguh ia (Alquran) lebih cepat lepasnya daripada unta dari ikatannya”. (Imam Bukhari: Dar Thauq al-Najah : 5033).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa hafalan yang tidak dijaga akan lebih mudah hilang daripada seekor unta yang diikat. Salah satu cara menjaga hafalan adalah dengan rajin bermuroja’ah yaitu mengulang hafalan yang telah dimiliki dengan memperdengarkannya kepada orang lain sebagai penyimak. Terdapat beberapa hal yang biasanya dapat mempengaruhi semangat dalam bermuroja’ah maupun menambah hafalan seperti suasana hati yang kurang bagus karena alasan tertentu, lingkungan yang tidak mendukung dan lainnya.

 

Yayasan Alfatihah mempunyai program bernama Hotel Karantina Quran, program ini cocok banget buat kamu yang ingin menghafal Alquran dengan durasi waktu tertentu. Fasilitas yang diberikan sangat lengkap, lokasi hotel pun berada di daerah dataran tinggi sehingga lingkungannya sangat sejuk dan nyaman. Kondisi itu bisa mendukung serta menambah semangatmu dalam menghafal nantinya.

Terdapat beberapa pilihan durasi menghafal pada program Hotel Karantina Quran yang bisa menjadi pilihan. Program ini cocok untuk kamu santri yang sudah selesai mondok, tetapi belum menyelesaikan hafalannya. Program ini juga cocok untuk kamu yang ingin menikmati dan mengisi waktu liburan sekolah maupun kuliah dengan menghafal Alquran, atau bagi kamu yang ingin mondok pada saat bulan Ramadan saja.

Program Hotel Karantina Quran ini selain berisi program menghafal Alquran kamu juga akan dibekali dengan pelatihan softskill dan training mindset. Akan ada banyak kegiatan sharing serta diskusi untuk saling bertukar wawasan dan melatih skill komunikasi yang pastinya akan sangat bermanfaat untukmu kedepannya.

 

Jangan khawatir saat semangatmu mulai menurun, atau suasana hatimu sedang tidak bagus sehingga dapat mengganggu konsentrasi dalam menghafal, karena pada program Hotel Karantina Quran ini ada satu kegiatan yang dapat mengatasi hal tersebut yaitu rihlah. Kegiatan rihlah ini akan mengajakmu berkunjung ke berbagai tempat wisata, kamu bisa menyegarkan pikiran dan suasana hati dengan wahana permainan, atau menikmati pemandangan sembari berdiskusi ringan, bahkan bermuroja’ah bersama di tempat-tempat yang indah.

Walaupun dengan durasi singkat, suasana Hotel Karantina Quran ini masih tetap sama dengan pesantren pada umumnya sehingga mendukung kondusifitas menghafal. Terdapat kegiatan agama rutin seperti sholat berjama’ah, halaqoh, menjalankan ibadah sunnah bersama, juga terdapat peraturan dan target halafan. Kerasa banget kan kalau Hotel Karantina Quran tuh tempat tahfidz quran rasa liburan?

Tunggu apalagi? yuk manfaatkan waktu luang atau liburan dengan menambah hafalan dan insightmu bersama Hotel Karantina Quran Alfatihah. Saatnya menjadi santri keren, kreatif dan inovatif!

Kunjungi link dibawah ini untuk informasi biaya dan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp