Ketahui Cara Menghafal Al Qur’an 1 Hari 1 Halaman Dengan Mudah

ALFATIHAH.COMKegiatan menghafal al qur’an memang perlu cara, termasuk cara menghafal al qur’an 1 hari 1 halaman tentu perlu treatment atau cara yang berbeda. Metode dan cara yang dilakukan pastinya harus berbeda dari kegiatan menghafal seperti biasa.

Mengingat memang kegiatan menghafal al qur’an memiliki keutamaan yang mulia serta mendapat balasan yang tinggi dihadapan Allah. Oleh sebab itu dibawah ada beberapa cara yang bisa diketahui dan juga bisa diaplikasikan.

1. Meluruskan Niat

Dalam aktivitas apapun niat ini memang menjadi pondasi dan landasan yang paling utama. Dalam menghafal al quran harus dengan niat yang lurus mencari ridho Allah bukan dengan niat terselubung apapun yang bersifat duniawi.

Oleh sebab itu niat ini akan mensugesti diri seorang penghafal untuk merealisasikan aktivitas menghafal al qur’an. Hasil niat yang lurus dan murni karena ridho Allah maka kedepannya aktivitas ini bernilai ibadah dan menjadi berkah.

Otomatis pastikan niat menghafal 1 hari 1 halaman ini memang murni dan dengan niat yang baik. Selain itu niat ini akan memacu diri menjadi semangat dalam menghafal al quran.

2. Melakukan Metode Membaca Dan Menghafal

Maksud dari cara ini yakni penghafal al – qur,an bisa membaca terlebih dahulu bacaan atau ayat per ayat kemudian dihafalkan. Proses ini memang harus dilakukan secara berulang – ulang agar otak bisa memproses ingatan.

Kemudian juga jernihkan pikiran terlebih dahulu agar proses menghafal tidak berat dan sulit. Pikiran yang jernih dan tenang akan membantu dalam mensukseskan hafalan ayat al – quran ini. Bisa baca ayat dengan nada tartil kemudian hafalkan.

3. Memulai Hafalan Dengan Menutup Al – Qur’an

Selanjutnya cara menghafal al qur’an 1 hari 1 halaman dapat dimulai untuk menghafal ayat yang telah diulang beberapa kali tersebut. Mengulang ayat yang dihafalkan ini bisa dengan menutup kitab al quran terlebih dahulu.

Hal itu untuk menstimulasi otak agar mengingat ayat yang tadi dihafalkan diawal. Otomatis akan membuat otak berfikir dan kemudian mengingat kembali hafalannya.

Namun apabila belum terlalu lancar mengingat bisa buka kembali kitab al quran dan baca dengan seksama. Lalu bisa mulai menghafal lagi sampai benar – benar dengan lancar dalam menghafal ayat al quran tersebut.

4. Menentukan Target Hafalan

Meskipun telah ditargetkan untuk 1 hari 1 halaman maka tentu harus punya timing dan pembagian waktu yang baik untuk target tersebut. Tentunya sebagai penghafal harus dapat membagi 1 halaman ini akan dihafalkan dengan pembagian waktu yang seperti apa.

Hal ini tentu agar kegiatan menghafal menjadi terkonsep dan bisa dengan tepat terpenuhi dalam 1 hari menghafal 1 halaman. Pastikan tidak memaksakan diri untuk meneruskan menghafal padahal belum lancar.

Memaksakan malah akan membuat mengulang dua kali untuk menghafal dan berakhir menyia – nyiakan waktu yang ada. Oleh sebab itu saat ingin melanjutkan hafalan pada ayat selanjutnya bisa pastikan hafal ayat yang sebelumnya.

5. Melakukan Setoran Hafalan

Kemudian setelah dirasa sudah hafal 1 halaman maka tes diri dengan menyetorkan hafalan yang telah dihafalkan tadi. Cara menghafalkan al qur’an 1 hari 1 halaman ini bisa dipraktekkan di hadapan ustadzah yang mumpuni.

Hal tersebut agar bisa melakukan pengecekan pada kualitas bacaan yang dilafalkan, sekalian bisa mengoreksi hafalan. Tentunya menghafal tidak hanya bisa lancar saja tapi pelafalan, tajwid, makhraj dan lainnya bisa baik dan benar.

Oleh sebab itu bisa pilih guru al qur’an yang memiliki ilmu mumpuni dalam bidang ini untuk dimintai tolong kegiatan setoran hafalan. Tujuannya hasil hafalan akan sesuai dengan ketentuan bacaan al qur’an yang baik dan benar.

6. Merutinkan Murojaah

Cara menghafal al qur’an 1 hari satu halaman yang keenam adalah merutinkan murajaah. Hal penting yang tidak boleh ditinggalkan dalam aktivitas menghafal al qur’an yakni melakukan murojaah dengan rutin. Kegiatan ini tentu akan mempertajam daya ingat terkait ayat al qur’an yang dihafalkan.

Ayat per ayat, halaman per halaman tentu harus rutin dilakukan murojaah agar tidak tumpul dan cepat lupa. Otomatis saat menghafal ayat baru maka untuk hafalan yang lama juga tidak gampang pudar dan juga lupa.

7. Mengistiqomahkan Hafalan

Cara menghafal al qur’an 1 hari 1 halaman ini tentu harus istiqomah dilakukan, istiqomah sendiri memang sulit untuk dilakukan. banyak penghafal yang mungkin sulit untuk menjalani cara ini karena memang faktanya istiqomah ini sulit.

Namun hal ini tidak boleh jadi halangan untuk terus berbuat baik dan melakukan aktivitas mulia termasuk menghafal al quran. Hanya memang perlu motivasi dan juga kesabaran yang kuat saat ingin sampai tujuan dengan menghafal al quran per halamannya.

Demikian uraian terkait dengan cara menghafal al qur’an 1 hari 1 halaman yang bisa diikuti dan dipahami dengan seksama. Kembali lagi pada niat serta keistiqomahan untuk menjalankan kegiatan ini agar bisa sampai tujuan yang diharapkan.

baca juga : 9 cara menghafal surah dengan cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp