Makna Trend Quote Islami “Gaul Boleh, Taat Harus” dari Generasi Z

Alfatihah.com – Quote Islami atau kata-kata singkat yang memiliki makna Islami. Quote seringkali digunakan sebagai penyemangat untuk pembaca yang down agar segera bangkit. 

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya menjaga marwah kita, untuk selalu taat terhadap perintah Allah SWT dan meninggalkan larangan Allah SWT. 

Zaman yang semakin akhir ini telah banyak trending-trending yang belum tentu benar menurut Islam. Apabila tidak menjaga diri sendiri, maka siapa lagi yang akan menjaga diri kita. 

Munculah quote Islami “gaul boleh, taat harus” yang digunakan oleh para pemuda-pemudii dalam mengejar ketaatan Allah SWT. Quote Islami tersebut seringkali digunakan sebagai motivasi untuk kalangan pemuda-pemudi agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Makna Quote Islami “Gaul Boleh, Taat Harus

Muncul istilah gaul yang sedang trend saat ini, banyak digunakan oleh mereka yang mengikuti pergaulan masa kini agar tidak ketinggalan zaman. Istilah gaul ini seringkali digunakan oleh pemuda-pemudi yang ingin terlihat eksis di kalangan mereka. 

Agar terhindar dari pergaulan bebas yang menjerumuskan ke hal negatif, maka munculah quote Islami “gaul boleh,, taat harus” yang dapat digunakan sebagai motivasi untuk senantiasa menjaga batasan-batasan Anda dalam pergaulan.

Quote Islami “gaul boleh,, taat harus” sudah banyak beredar di beberapa platform media sosial. Quote Islami yang diciptakan oleh Generasi Z tersebut, seringkali menggabungkan nilai-nilai agama dengan trend kehidupan yang relevan dengan gaya modern.

Trend ini memberikan motivasi kepada para pemuda dan pemudi agar selalu berpegang teguh terhadap prinsip-prinsip Islam sambil menjalani kehidupan yang kekinian atau gaul. 

Quote tersebut dibalut dalam video-video yang menarik dan mengena kepada pembaca agar senantiasa mereka berubah menjadi yang lebih baik lagi. Postingan quote Islami tersebut sudah tersebar dimana-mana, kata-kata yang diciptakan juga dibuat sekreatif mungkin agar menarik pembaca untuk membacanya.

Seperti contoh “Nikmatilah hidup tanpa ninggalin sholat, nikmatilah dunia tanpa lupakan akhirat. Gaul boleh, Taat harus.” Quote Islami tersebut memberi contoh kepada pembaca agar senantiasa menjaga sholatnya, mengingat sholat merupakan tiang agama yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. 

Jangan sampai lupakan sholat demi mengejar trend kekinian yang menyesatkan. Karena kehidupan kekal kita ada di akhirat bukan di dunia. Dunia hanya sementara, akhirat selama-lamanya. 

Pandangan Islam Terhadap Quote Islami “Gaul Boleh, Taat Harus”

Islam merupakan agama yang memudahkan umatnya, semua kegiatan diperbolehkan untuk dilakukan selama kegiatan tersebut tidak ada dalil yang melarangnya. Namun tetap saja menjaga batasan-batasan di zaman sekarang ini sangat diperlukan.

Mengenai quote Islami yang sedang trending saat ini, Islam memperbolehkan karena tujuannya adalah untuk memotivasi para pemuda-pemudi Islam untuk berjalan ke jalan yang benar. 

Namun apabila suatu saat quote tersebut disalahgunakan dan merujuk ke hal-hal yang melanggar syariat Islam, maka hal tersebut sangat dilarang oleh Islam.

Seorang muslim diperbolehkan mengikuti trend kekinian, selama trend yang diikuti tidak melanggar syariat Islam serta tidak menyerupai orang kafir dan fasik. Bahkan diperintahkan untuk bergaul selama pergaulan tersebut mengajak orang menjadi lebih baik dalam agamanya.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin, beliau berkata:

أن موافقة العادات في غير المحرم هي السنة؛ لأن مخالفة العادات تجعل ذلك شهرة، والنبي صلّى الله عليه وسلّم نهى عن لباس الشهرة ، فيكون ما خالف العادة منهياً عنه.

Artinya: “Mencocoki atau menyesuaikan kebiasaan masyarakat dalam hal yang bukan keharaman adalah disunnahkan. Karena menyelisihi kebiasaan yang ada berarti menjadi hal yang syuhrah (suatu yang tampil beda sekali dan mencolok). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpakaian syuhrah. Jadi sesuatu yang menyelisihi kebiasaan masyarakat setempat itu terlarang dilakukan.” (Syarhul Mumti’ 6/109)

Dengan begitu kita sebagai umat muslim diperbolehkan dalam mengikuti trend yang ada, selama trend tersebut tidak melanggar prinsip dan syariat Islam yang tertera. Namun perlu diingat bahwa dalam memulai sesuatu harus dengan niat yang benar. Ketika kamu ingin tampil gaul atau kekinian maka harus diawali dengan niat karena Allah SWT, supaya kegiatan yang dilakukan membawa keberkahan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Amalan Nabi,  Doa Agar Mendapat Ilmu yang Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp