Rahasia Rezeki Lancar Umar bin Khattab dari Rasulullah

Alfatihah.com – Ada sejumlah kunci rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab yang diperoleh dari Rasulullah. Tak hanya bisa diterapkan oleh Umar bin Khatab saja, tetapi juga oleh siapa saja yang ingin menunaikan amal tersebut. Lalu, apa saja rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab yang diperoleh dari Rasulullah? Ini dia ulasannya!

Dalil Rahasia Rezeki Lancar

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab dari Rasulullah ini didasarkan pada sebuah hadis yang menjelaskan rezeki lancar dari Umar bin Khattab. “Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (Q.S. Al Mulk: 15)

Dalam ayat lainnya di Alquran pun Allah juga menjelaskan tentang janji Allah bagi hambaNYA yang mau berusaha dan ergerak mencari karuniaNYA pasti ditolong. “Sungguh mengherankan bagi mereka yang tidak mencari kekayaan dalam pernikahan, karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, “Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (Q.S. An Nur: 32)

Penerapannya Amalan yang Diajarkan Rasulullah Pada Umar bin Khattab

Bertakwa kepada Allah

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab oleh Allah yang pertama adalah bertakwa pada Allah. Hal ini telah dijelaskan dalam surat Al A’raf ayat 28 yang mempertanyakan bukti ketakwaan manusia, hukuman untuk mereka yang tidak mau beriman dan janji Allah untuk merek yang beriman. “Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. Al A’raf: 96)

Mengeluarkan harta karena Allah

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab oleh Allah yang kedua adalah mengeluarkan harta karena Allah. Rahasia kedua ini dijelaskan Allah dalam Alquran surat Saba ayat 39. “Katakanlah “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menganntinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (Q.S. Saba: 39)

Bertaubat

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab oleh Allah yang ketiga adalah bertaubat. Taubat menjadi kunci keridaan Allah dalam membuka rezeki seseorang.

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 28 Allah menjelaskan tentang kehendak Allah untuk meirngankan seseorang maupun memberatkannya. “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah.” (Q.S. An Nisa: 28)

Bersyukur

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab oleh Allah yang keempat adalah bersyukur. Allah memang telah berjanji pada hambaNYA, bahwa siapa yang pandai bersyukur maka akan ditambah nikmatnya.

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”” (Q.S. Ibrahin: 7)

Berbakti pada Orang Tua dan Jaga Silaturahmi

Rahasia rezeki lancar Umar bin Khattab oleh Allah yang kelima adalah berbakti pada orang tua dan menjaga silaturahmi. Orang tua adalah unci keberkahan dalam menjalani hidup. Maka tidak heran jika kunci lancarnya rezeki yang juga banyak disampaikan orang lain adalah memuliakan orang tua.

Siapa yang ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.” (H.R. Bukhari)

Baca Juga: Doa Nabi Musa untuk Memohon Dilancarkan Rezeki 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp