Inilah 5 Kriteria Hijab Syari dalam Pandangan Islam

Alfatihah.com – Hijab dalam agama Islam tak hanya sekedar menjadi penutup tubuh semata, melainkan menjadi sebuah tanda pengenal sekaligus penanda identitas bahwa seorang muslimah taat pada perintah Allah SWT dan agamanya. Lalu apa saja kriteria hijab syari dalam pandangan Islam? Yuk, simak artikel  berikut ini untuk mengetahuinya.

Berikut 5 Kriteria Hijab Syari Sesuai Pandangan Islam

  1. Longgar

Mengutip dari laman website Ethica Collection.com, kriteria hijab syari dalam pandangan Islam  pertama ialah memiliki ukuran yang longgar. Jadi hijab syari haruslah mencerminkan nilai-nilai keislaman, sehingga sudah sepantasnya hijab tersebut memiliki ukuran yang longgar alih-alih membentuk tubuh seorang wanita. Pentingnya mematuhi standar hijab syari sendiri agar seorang wanita tak menjadi salah satu wanita yang disebut berpakaian tapi telanjang, sebagaimana yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW.

“Akan ada kelak pada umatku wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang…” (HR Malik dan Muslim).

  1. Menutup Tubuh 

Kriteria hijab syari dalam pandangan Islam selanjutnya ialah menutup tubuh. Maksudnya, hijab disini haruslah yang menutup tubuh, dan bukan malah menonjolkan bagian tubuh tertentu. Apalagi menggunakan hijab hanya demi mengikuti trend yang sedang ada di media sosial saja. Selain itu, hijab yang sesuai syariah ialah  hijab yang mampu membantu menutup seluruh aurat muslimah. 

“Sesungguhnya anak perempuan apabila telah haidh tidak dibenarkan terlihat darinya kecuali wajah dan tangannya sampai persendian (pergelangan tangan)” (HR. Abu Dawud).

  1. Tebal dan Tidak Transparan

Kriteria hijab syari dalam pandangan Islam selanjutnya ialah tebal dan tidak transparan. Oleh sebab itu, sebagai muslimah yang baik, hendaknya memilih bahan hijab yang terbuat dari material tebal, sehingga mencegah bentuk tubuhnya terlihat orang asing yang haram untuk melihatnya. Jadi pada praktiknya, hijab tak sekedar pakaian saja, tetapi menjadi cermin dari indahnya jiwa yang taat pada perintah Allah SWT.

  1. Panjang

Kriteria hijab syari dalam pandangan Islam selanjutnya ialah panjang. Dengan menggunakan hijab yang panjang, maka pakaian yang kita kenakan tak melulu berhenti pada sifat estetis melainkan menjadi tanda bahwa kita patuuh terhadap norma-norma dan aturan berpakaian dalam agama Islam.

“Wajib menutup kedua mata kaki, baik dengan kain tambahan (yang menutup mata kaki) atau dengan menggunakan kaus kaki.” (HR. Imam Tarmizi).

  1. Tidak Menarik Perhatian

Kriteria hijab syari dalam pandangan Islam yang terakhir ialah tidak menarik perhatian, karena agama Islam kerap mengajarkan nilai-nilai kesederhanaan pada setiap hamba.  Seorang muslim hendaknya memilih hijab yang warnanya tidak terlalu mencolok, desainnya tidak berlebihan dan mencerminkan nilai-nilai ketaatan. Oleh sebab itu, hijab yang digunakan hendaknya sesuai syariah dan bisa menjaga diri seorang muslimah dari pandangan lelaki asing.

Itu dia kriteria hijab syari dalam pandangan Islam yang penting untuk diketahui. Semoga dengan mengetahuinya, kita bisa menjadi pribadi yang mengikuti kriteria-kriteria tersbut.

Baca Juga : Wahai Ladies, Perhatikan Cara Seorang Muslimah Berpakaian Sesuai dengan Syariat Islam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp