Inilah 7 Perkara yang Membinasakan! Muslim Perlu Tahu!

Alfatihah.com – Sebagai seorang muslim kita wajib melakukan perintah dan larangan dari Allah dengan tujuan mendapat ridha-Nya di akhirat kelak. Namun, ada perkara-perkara yang sering diremehkan justru menjadi perkara yang membinasakan. Apa saja perkara-perkara tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umat Islam cara memperoleh kehidupan yang bahagia dengan berpegang teguh pada Al-quran dan sunnah. Seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah menyeru kepada umatnya untuk menjauhi 7 perkara yang membinasakan.

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ

يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ ؟

لشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

Artinya: “Jauhilah oleh kalian 7 hal yang membinasakan.” Maka para sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, apa 7 hal tersebut?” Maka Nabi yang mulia mengatakan:(1) Dosa kesyirikan kepada Allah, (2) Dosa sihir, (3) Dosa membunuh seorang jiwa yang diharamkan oleh Allah Ta’ala melainkan dengan alasan yang hak, (4) Dosa memakan harta riba, (5) Dosa memakan harta anak yatim, (6) Dosa berpaling dari medan perang dan (7) Dosa menuduh seorang wanita muslimah yang terhormat dengan tujuan yang keji (zina),” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Berikut Ulasan dari Ketujuh Perkara yang Membinasakan:

  1. Syirik

Syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah dengan menyembah selain-Nya atau menganggap ada sesuatu yang dapat memberi kebaikan dan keselamatan selain Allah. Perilaku seperti meyakini benda-benda yang dianggap keramat, meyakini hari, tanggal, nomor atau tempat-tempat tertentu yang dianggap membawa sial dan sebagainya.

  1. Sihir

Sihir adalah perbuatan syirik yang dihubungkan dengan ilmu dan kekuatan gaib, biasanya identik dengan mantra, guna-guna, tenung dan sejenisnya. Perbuatan ini seringkali dilakukan menggunakan jasa seorang dukun. Jangankan ketika kita memakai jasa dan memercayainya, saat kita mendatangi dukun untuk sekedar bertanya saja pahala shalat selama 40 hari tidak akan diterima.

  1. Membunuh

Membunuh atau menghilangkan nyawa seseorang karena alasan dendam, merampas harta, solidaritas pertemanan, atau apapun itu hukumnya dilarang oleh Allah dan termasuk dosa besar. Adapun hukuman bagi orang yang membunuh ialah qishas, hukuman mati.

  1. Memakan Harta Riba

Mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, deposito di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi saham, reksadana non syariah, dan sebagainya termasuk perbuatan riba.

  1. Memakan Harta Anak Yatim

Mengambil atau merampas harta yang menjadi hak anak yatim termasuk perkara yang membinasakan. Termasuk menjual nama anak yatim untuk mendapat keuntungan pribadi.

  1. Lari dari Medan Pertempuran

Berpaling dari medan perang atau pertempuran merupakan salah satu perkara yang membinasakan. Termasuk meninggalkan medan dakwah atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya sangat dilarang oleh Allah dan Rasulnya.

  1. Menuduh Wanita Muslimah Berbuat Zina

Menuduh seorang wanita muslimah berbuat zina atau mencederai kehormatannya dengan memfitnahnya dengan keji termasuk perbuatan yang dimurkai Allah. Padahal dalam Islam menuduh zina harus ada empat saksi yang benar-benar melihat perbuatan zina tersebut. Jika tidak bisa mendatangkan saksi, maka tuduhan tersebut tidak bisa diterima.

Baca Juga: Ini Dia Hukum Percaya dengan Ramalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp