Inilah 5 Keutamaan Membaca Asmaul Husna, Salah Satunya Bisa Memudahkan Hajat

Alfatihah.com – Keutamaan membaca Asmaul Husna menjadi sejumlah hal yang bisa diraih oleh seorang muslim yang menjalankan amal dan ibadahnya dengan sungguh-sungguh. Terlebih lagi dengan keyakinan ia tekun mengucapkan nama-nama agung milik Allah SWT sehingga berhak mendapat pahala dan keutamaan. Berikut sejumlah keutamaan membaca Asmaul Husna yang bisa diperoleh seorang muslim.

Inilah Keutamaan Membaca Asmaul Husna, Salah Satunya Bisa Memudahkan Hajat

  1. Memudahkan Hajat

Mengutip dari laman Detik Hikmah, keutamaan membaca Asmaul Husna yang pertama adalah bisa memudahkan hajat. Dengan perantara menyebut 99 nama indah Allah SWT, keinginan seorang hamba bisa lebih mudah dikabulkan daripada tidak menyertakan nama Asmaul Husna dalam doa-doa yang dipanjatkan. Adapun dalam berdoa menggunakan Asmaul Husna, seorang hamba harus menyesuaikan konteks doa dan Asmaul Husna yang dibaca. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Al-A’raf ayat 180:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ ١٨٠

Artinya: Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik). Maka, bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut (Asmaul Husna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya.296) Mereka kelak akan mendapat balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.(Q.S Al-A’raf : 180)

  1. Mengamalkan Anjuran Rasulullah SAW

Keutamaan membaca Asmaul Husna selanjutnya adalah menjadi salah satu wasilah untuk mengamalkan anjuran Rasulullah SAW. Sebagaimana kita tahu Rasulullah SAW pernah menganjurkan kepada sahabat-sahabatnya untuk mempelajari Asmaul Husna.

Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai ayat 180 dari surah Al-A’raf, “Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?”Rasulullah SAW bersabda, “Benar, dianjurkan bagi setiap orang yang mendengarnya (Asmaul Husna) mempelajarinya.” (HR Ahmad)

  1. Mendapat Janji Surga

Keutamaan membaca Asmaul Husna selanjutnya adalah mendapat janji surga dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam laman Detik Hikmah,dimana orang muslim yang rajin membaca Asmaul Husna akan dijanjikan surga oleh Allah SWT di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya Allah SWT memiliki 99 nama. Seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitungnya (membacanya), maka ia masuk surga.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Mendapat Kelancaran Rezeki

Mengutip dari laman Detik Hikmah, keutamaan membaca Asmaul Husna selanjutnya adalah mendapat kelancaran rezeki dari Allah SWT. Hal ini tentunya hanya berlaku bagi umat Islam yang gemar berdzikir dengan menyebut nama-nama-Nya. Dengan begitu, dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu cara membuka pintu rezeki adalah senantiasa membaca Asmaul Husna, khususnya Ar-Razzaq, Al-Hayyu, dan Al-Qayyum.

  1. Mendapat Pengampunan Dosa

Keutamaan membaca Asmaul Husna yang terakhir adalah berpeluang mendapat ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang diperbuat di masa lalu. Terlebih lagi Allah SWT akan senantiasa mencurahkan kasih sayang dan ampunan-Nya pada hamba yang senantiasa menyebut-nyebut nama-Nya. Hal ini sejalan Q.S Ar-Ra’d ayat 28:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ ٢٨

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram.

Itu dia keutamaan membaca Asmaul Husna yang bisa diperoleh oleh seorang muslim. Dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, seorang muslim bisa memperoleh hajat yang cepat terkabul, rezeki yang baij, hingga pengampunan atas doa yang dilakukan.

Baca Juga : Perbedaan Makna Rahman dan Rahiim Allah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp