5 Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib, Bisa Dibangunkan Rumah di Surga!

Alfatihah.com – Rasulullah Saw mengajarkan berbagai amal dan ibadah sunnah dalam kehidupan sehari-hari. Amal dan ibadah  tersebut sendiri mulai dari puasa, sedekah, hingga  shalat sunnah yang bisa kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing dari amalan sunnah akan mendapatkan ganjaran dan pahala sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah Swt. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk mengerjakan sebanyak mungkin amalan dan ibadah sunnah guna menambah pundi-pundi pahala yang kita butuhkan. 

Salah satu amalan sunnah yang bisa kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari adalah shalat sunnah rawatib, shalat sunnah yang identik mengiringi shalat fardhu ini memiliki berbagai macam keutamaan yang belum tentu ada dalam amalan lain. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih banyak keutamaan shalat sunnah rawatib.

Inilah 5 Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib yang Penting untuk Diketahui

  1. Dijauhkan Dari Api Neraka

Mengutip dari laman Detik.Edu, keutamaan shalat sunnah rawatib yang pertama adalah bisa menjadi wasilah kita dijauhkan dari api neraka. Adapun penjelasan terkait dijauhkannya seorang muslim dari api neraka terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad:

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

Artinya:”Barangsiapa yang mengerjakan dengan rutin empat rakaat sebelum dzuhur dan empat rakaat sesudahnya, maka Allah mengharamkan api neraka baginya,” (HR. At Tirmidzi dan Ahmad).

  1. Ditinggikan Derajatnya Oleh Allah Swt

Ada sebuah buku berjudul Panduan Sholat Rasulullah yang ditulis oleh Imam Abu Wafa, dalam buku tersebut terdapat riwayat yang memaparkan kisah Rasulullah dengan seorang budak yang hendak dibebaskannya. Budak tersebut bernama Tsauban, dimana Tsauban diberi pesan oleh Rasulullah Saw untuk memperbanyak sujud, karena sujud bisa membuat derajat seseorang ditinggikan oleh Allah Swt. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Artinya: “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR Muslim).

  1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan shalat sunnah rawatib selanjutnya adalah lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan shalat sunnah rawatib ini adalah yang lebih baik dari dunia dan seisinya ini hanya ada dalam shalat sunnah qobliyah subuh atau yang biasa disebut sebagai shalat sunnah fajar. Keutamaan shalat sunnah yang dilakukan sebelum subuh ini bahkan dijelaskan dalam hadits Rasulullah Saw:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: “Dua raka’at fajar (shalat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR Muslim).

  1. Amalan yang Tidak Pernah Ditinggalkan Oleh Rasulullah Saw

Shalat sunnah rawatib merupakan amal ibadah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah Saw. Tak heran, kita akan dianggap sebagai seorang muslim yang mampu meneladani junjungan kita dengan baik.

عن عائشةَ رضِيَ اللَّه عنْهَا ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم كانَ لا يدَعُ أَرْبعاً قَبْلَ الظُّهْرِ ، ورَكْعَتَيْنِ قبْلَ الغَدَاةِ . رواه البخاري

Artinya: “Dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Nabi shalallahu alaihi wasalam itu tidak meninggalkan shalat sunnah empat rakaat sebelum Dzuhur dan dua rakaat sebelum Subuh.” (HR Bukhari).

  1. Dibangunkan Rumah di Surga

Keutamaan shalat sunnah rawatib yang terakhir adalah dibangunkan rumah di surga oleh Allah Swt. Tentunya memiliki rumah di surga adalah dambaan bagi setiap muslim yang hidup di dunia. Namun, tak semua umat muslim mengupayakan usaha yang maksimal untuk mendapat keistimewaan tersebut. Padahal Rasulullah Saw telah menjelaskan keutamaan shalat rawatib dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

‏ مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ أَوْ إِلاَّ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ ‏

Artinya: “Jika seorang hamba Allah SWT sholat demi allah SWT 12 raka’at (sunah) setiap hari, sebelum dan setelah sholat wajib, maka Allah SWT akan membangunkannya sebuah rumah di surga atau rumah akan dibangun untuknya di surga. Aku tidak pernah absen melakukannya, sejak mendengarnya dari Rasulullah SAW.” (HR Muslim).

Itu dia 5 keutamaan shalat sunnah rawatib dalam agama islam. Kita bisa terhindar dari api neraka sekaligus dibangunkan rumah di surga. Bagaimana, tertarik untuk merutinkan shalat sunnah rawatib?

Baca Juga : 3 Keutamaan Membaca Asmaul Husna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp