5 Persiapan Menyambut Ramadan yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang!

Ramadan tinggal menghitung hari, banyak persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menyambutnya. Berbagai persiapan fisik, psikis, hingga ilmu tentang Ramadan juga biasa menjadi perhatian khusus kaum muslimin menjelang Ramadan. Nah, untuk menyambut Ramadan ini dia 5 persiapan menyambut Ramadan yang bisa kamu lakukan!

Pesan Rasulullah pada umatnya tentang persiapan menyambut Ramadan

Rasulullah berpesan kepada umatnya ketika bulan Ramadan datang dalam sebuah hadis riwayat An Nasa’i dari Abu Hurairah “Dari sahabat Abu Hurirah radhiyallahu ‘anh beliau berkata, bahwa Rasulullah telah bersabda: Sungguh telah datang pada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, yang mana pada bulan tersebut Allah SWT mewajibkan kalian untuk berpuasa. Ada bulan itu, pintu-pintu langit dibuka, sementara pintu-pintu neraka ditutup serta syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan.” (H.R. An Nasa’i)

  1. Menyambut Ramadan dengan Gembira

Menyambut Ramadan dengan gembira adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan sebagai bentuk persiapan meyambut Ramadan. Salah satu doa yang diriwayatkan oleh Yahya bin Abi Katsir bahwa orang-orang salaf terdahulu mengucapkan doa اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ yang artinya “Ya Allah berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan (usia) kami berjumpa Ramadan.” Doa itulah yang biasa dilafalkan di bulan Syaban atau Rajab sebagai bentuk pengharapan pada Allah agar disampaikan umurnya di bulan Ramadan.

  1. Sambut Ramadan dengan Pengetahuan yang dalam

Pengetahuan yang dalam rangka sebagai persiapan menyambut Ramadan menjadi sangat penting karena menjalankan ibadah di bulan Ramadan memerlukan ilmu yang benar. Banyak fikih ibadah yang harus diperhatikan untuk menjalankan berbagai ibadah fardhu dan sunah di bulan Ramadan. Pelaksanaan puasa Ramadan juga memerlukan pemahaman ilmu fikih puasa yang benar supaya puasa yang dilakukan sah dan diterima Allah.

  1. Sambut dengan tekad dan perencanaan

Persiapan menyambut Ramadan berikutnya bisa dilakukan dengan tekad dan perencanaan yang dilakukan dengan merinci atau menulis ibadah yang ingin dilakukan di bulan Ramadan. Menuliskan ibadah-ibadah apa saja yang akan dilakukan di bulan Ramadan bisa membantumu belajar memaksimalkan ibadah-ibadah tersebut sebelum Ramadan datang.

  1. Persiapan ruh dan jasad

Menyiakan ruh dan jasad untuk terkondisikan menyambut Ramadan juga menjadi hal penting lainnya agar ibadah di bulan Ramadan semakin bermakna. Persiapan ruh dan jasad dilakukan dengan banyak berlatih memaksimalkan ibadah yang ingin dimaksimalkan di bulan Ramadan. Bulan Syaban dan Jumadil Akhir bisa menjadi momentum untuk melakukan persiapan menyambut Ramadan dengan memaksimalkan upaya diri beribadah sebelum bertempur di bulan Ramadan.

  1. Persiapan materi

Mempersiapkan materi juga menjadi hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menyambut Ramadan dengan kondisi diir yang lebih siap. Persiapan materi yang dimaksud adalah mempersiapkan kebutuhan Ramadan yang bisa berbentuk kebutuhan makanan berbuka dan sahur, pakaian, hingga segala sesuatu yang menunjang ibadah di bulan Ramadan. Tak hanya untuk diri sendiri, persiapan materi juga dilakukan untuk memberi sedekah pada sesama sebab bulan Ramadan adalah bulan mulia untuk semua orang berlomba-lomba berbagi dan membahagiakan sesama.

Itu dia lima persiapan menyambut Ramadan yang bisa kamu lakukan sejak saat ini. Sejatinya, banyak pesiapan yang harus dilakukan untuk menyambut Ramadan, tak sekadar dari segi fisik tubuh saja, tetapi juga ilmu dan materi untuk menunjang memaksimalkan ibadah di bulan suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp