Salah Satu Cara Merayu Tuhan yang Wajib Kamu Ketahui!

Alfatihah.com – Manusia berbondong-bondong mencari cara merayu tuhan, segala cara dilakukan untuk merayu Allah SWT agar segala hajat dan keinginannya terwujud. Banyak cara dilakukan mulai dari yang mudah hingga yang paling susah. Tanpa mereka sadari, ada salah satu cara merayu tuhan yang bisa dengan mudah dilakukan, apakah itu? Jawabannya adalah sholat tahajud. Sholat tahajud adalah salah satu cara merayu tuhan dengan paling mudah. Mengapa bisa dikatakan sholat tahajud adalah cara ampuh merayu Allah SWT? Berikut penjelasannya.

Sholat Tahajud Menjadi Salah Satu Cara Merayu Tuhan

Saat malam tiba, banyak manusia memilih untuk tidur. Mengistirahatkan diri dari lelahnya dunia, dengan menikmati nikmatnya tidur dengan pulas diatas kasur yang nyaman. Tetapi tak banyak yang tahu, bahwa malam hari adalah waktu yang sangat istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tepatnya pukul sepertiga malam dengan melaksanakan sholat tahajud adalah waktu yang paling pas untuk mendekatkan diri kepada-Nya, Berserah diri kepada-Nya, dan mengadu kepada-Nya.

Sholat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang bisa dilaksanakan pada malam hari tepatnya pada sepertiga malam untuk meraih berkah dan kemuliaan-Nya dengan berkomunikasi langsung melalui doa-doa yang kita panjatkan. Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam setelah tidur. Sholat tahajud memanglah bukan ibadah wajib, akan tetapi keutamaan yang dimiliki sungguh besar dan luar biasa dahsyatnya. Dalam QS. Al-Isra [17] ayat 79, Allah berfrman : 

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا   

Artinya: “Pada sebagian malam lakukanlah salat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Dalam firman tersebut sudah dijelaskan keutamaan yang didapat apabila melaksanakan sholat tahajud, Allah SWT senantiasa mengangkatmu ke tempat yang terpuji, Masyaallah. Untuk itu sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk merayu Allah SWT dengan memanjatkan doa-doa, dzikir, dan amalan-amalan sunnah lainnya. Sholat tahajud juga memberikan kesempatan bagi kita untuk mengalami ketenangan dan merasakan kedekatan dengan sang pencipta. Rasulullah SAW pernah bersabda tentang sholat malam yang merupakan ibadah yang tepat untuk meminta dan memohon kepada Allah : 

يَنْزِلُ رَبُّنَا، تَبَارَكَ وَتَعَالَى، كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ، فَيَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ؟ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ   

Artinya: “Allah, Yang Maha Suci dan Maha Tinggi, turun ke langit dunia setiap malam di saat sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku memenuhi permohonannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti Aku berikan kepadanya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, pasti Aku ampuni dosanya.”  

Berdasarkan hadis diatas sungguh mulia sholat malam, sangat penting bagi kita melaksankan sholat tersebut meskipun bukan merupakan ibadah wajib. Ibadah itu bisa menjadi salah satu cara merayu tuhan karena disaat melaksanakannya segala doa dan keinginanmu niscaya dikabulkan oleh Allah SWT. 

Baca Juga : Jangan Putus Asa! Ini Dia 5 Langkah Agar Rezeki Mengalir dan Umur Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp