Santri Yayasan Alfatihah Dibekali Pelatihan Softskill Dan Training Mindset

Secara jelas perkembangan zaman telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan terutama tekhnologi informasi yang secara massif mengubah dunia industri dan pasar. Hal tersebut mengakibatkan persaingan diantara para pencari lapangan pekerjaan menjadi semakin ketat.

Menyikapi era inovasi yang mendisrupsi ini, para generasi muda yang akan berperan sebagai pemegang kendali sebaiknya memiliki persiapan dan bekal untuk dirinya sendiri dalam menghadapi persaingan pada sektor ekonomi industri di masa yang akan datang. Dan pastinya lapangan pekerjaan pasti akan menagih Sumber Daya Manusia (SDM) dengan  kompetensi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan di setiap era atau masanya.

Sadar akan adanya permasalahan di atas, maka Yayasan Alfatihah mengadakan program magang untuk para santrinya dengan peningkatan kompetensi dan keterampilan berupa pelatihan softskill dan training mindset sebagai bekal mereka ketika telah menyelesaikan hafalan dan Kembali ke kampung halaman masing-masing.

Sebelum diwisuda para santri akan menjalani masa magang selama 3 bulan di kantor Alfatihah, para santri ditempatkan pada divisi dan posisi yang sesuai dengan minat bakat masing-masing, seperti divisi media untuk mereka yang memiliki minat pada dunia content creator, influencer, publikasi dan lainnya, kemudian pada divisi finance bagi mereka yang memiliki minat seputar dunia keuangan, kas serta pembukuan, dan masih banyak divisi yang lainnya.

Selama 3 bulan para santri akan dibimbing dan benar-benar diposisikan sebagai karyawan, mereka akan menjalankan job desk sesuai dengan instruksi dan koordinasi dari divisi terkait. Hal tersebut dilakukan supaya mereka terbiasa memecahkan masalah, bertanggungjawab dalam menyelesaikan pekerjaan dan masih banyak maksud lain dalam upaya meningkatan softskill para santri, mereka juga berkesempatan untuk menjadi karyawan tetap di Yayasan Alfatihah.

Ketika para santri terbiasa memikirkan cara-cara penyelesaian masalah dan sering berkoordinasi dengan tim tentu saja hal tersebut akan membuka atau memperluas wawasan mereka. Terbiasa dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat juga sangat penting, sebab sebagai pencari atau penuntut ilmu, seorang santri pun diperintahkan untuk menyebarkan ilmunya, bahkan Allah SWT memperingatkan siksaan bagi siapapun yang menyembunyikan atau menyimpan ilmu yang dimiliki, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 159 berikut:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ

Sesunguhnya orang orang  yang  menyembunyikan apa yang telah kami turunkan berupa keterangan keterangan (yang  jelas) dan petunjuk, setelah kami menerangkanya kepada manusia  dalam Al Kitab. Mereka itu dilaknat Allah dan (pula) dilaknat oleh semua (makhluk) yang dapat melaknat.” (QS. Al Baqarah:159).

Demikianlah sekilas mengenai program magang untuk para santri Yayasan Alfatihah. Jangan sia-siakan setiap waktu dan kesempatan yang kamu miliki, sebab setiap hari, setiap detik bahkan setiap saat akan selalu ada orang yang selangkah lebih maju untuk memperbaiki hidupnya, upgrade skillmu dan jadikan dirimu bernilai untuk orang-orang disekitarmu bahkan dimata dunia.