Berapa Minimal Jumlah Jamaah Sholat Jumat? Berikut Penjelasannya

Alfatihah.com – Setiap hari jumat, umat islam khususnya laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan sholat jumat secara berjamaah. Saat waktu sholat jumat tiba, semua umat islam laki-laki berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan sholat jumat berjamaah dan meninggalkan sejenak kegiatan yang sedang mereka lakukan. Namun, tidak semua tempat ibadah bisa digunakan untuk melaksanakan jamaah sholat jumat karena ada ketentuan terkait jumlah jamaah sholat jumat. Lalu bagaimana ketentuan terkait berapa minimal jumlah jamaah sholat jumat? Mari kita bahas bersama.

Ketentuan Jumlah Jamaah Sholat Jumat

Syarat wajib sah sholat jumat adalah dilakuka secara berjamaah. Untuk melaksanakan sholat jumat berjamaah harus terdapat minimal jumlah jamaah yang akan melaksanakan sholat. Muncul beberapa pendapat terkait berapa jumlah jamaah sholat jumat

Menurut Abu Hanifah, jumlah jamaah sholat jumat sah dilakukan jika berjumlah 3 orang makmum, hal ini jika seorang imam dihitung sebagai jamaah maka cukup dengan dengan 2 orang makmum dan 1 imam, tetapi jika imam tidak termasuk dalam hitungan jamaah maka perlu untuk adanya 3 orang makmum dan 1 imam. Pendapat tersebut mengikuti logika kebahasaan dan kurang disepakati oleh Ibnu Qudamah dalam kitabnya Al-Mughni. Menurut Ibnu Qudamah, sesuatu yang dipercontohkan oleh Nabi terkait jumlah jamaah yang banyak dalam sholat jumat, lebih utama dibanding mengikuti logika kebahasaan.

Menurut Imam Malik, jumlah jamaah sholat jumat boleh kurang dari 40 jamaah akan tetapi minimal tidak hanya 3-4 jamaah sholat jumat. Menurut mazhab Imam Malik, salah satu syarat lain sholat jumat adalah jamaah sekitar yang berdomisili di tempat tersebut, maka jumlah jamaah sholat jumat minimal menjadikan satu domisili kampung yang representatif. 

Menurut Imam as-Syafii. sholat jumat dikatakan wajib dan sah jika minimal jamaahnya adalah 40 orang. Pendapat ini dipakai oleh Imam as-Syafii dan Ahmad bin Hanbal. Hal tersebut disebutkan dalam sebuah riwayat, yaitu : 

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: مَضَتْ السُّنَّةُ أَنَّ فِي كُلِّ أَرْبَعِينَ فَمَا فَوْقَهَا جُمُعَةً

Artinya: “Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata: Telah menjadi sunnah, bahwa Jumat selalu dilakukan untuk 40 orang atau lebih.“ (HR. Daruquthni).

Baca Juga : Apakah Boleh Wanita Sholat Dzuhur Sebelum Sholat Jumat Selesai? Ini Penjelasannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp