Kamu Wajib Tau! Inilah Tanda Baiknya Islam Seseorang

Islam sebagai agama yang mengajarkan tentang kebaikan dan akhlakul karimah atau akhlak yang mulia, menempatkan banyak nilai yang menunjukkan tanda-tanda baiknya islam seseorang. Di dalam Al-Quran dan Hadits, terdapat banyak petunjuk mengenai karakter yang dimiliki oleh seseorang yang shaleh dan beriman. Simak selengkapnya, apa aja sih tanda-tanda baiknya islam seseorang?

Tanda-tanda baiknya Islam seseorang

1. Ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’alaa

Seseorang yang baik dalam islam adalah yang senantiasa taat dan patuh terhadap perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Mereka menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh dan memperhatikan hukum-hukum islam dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mulianya Akhlak

Tanda-tanda baiknya islam seseorang mencerminkan akhlak yang baik, seperti jujur, dermawan, sabar, dan rendah hati. Seseorang yang baik dalam islam akan memperlihatkan adab dalam berinteraksi, bersikap santun, dan penuh kasih sayang terhadap sesama.

3. Kepedulian Sosial

Kesediannya seseorang untuk membantu sesama, terutama membantu kepada yang membutuhkan, juga merupakan salah satu dari tanda-tanda baiknya islam seseorang. Memiliki sifat kepedulian terhadap kesejahteraan umat manusia dan berusaha untuk memberikan kontribusi positif dalam masyarakat.

4. Keteladanan Dalam Perilaku

Seseorang yang baik dalam islam adalah yang menjadi teladan bagi orang lain dalam perilaku dan tindakannya sehari-hari. Termasuk mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar yaitu mengajak pada kebaikan dan meninggalkan hal yang munkar. Sebagaimana dalam surah Ali Imran ayat 104. Allah berfirman:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mecegah dari yang munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 104)

Seorang Islam yang baik akan menginspirasi yang lain untuk berbuat kebaikan serta menjauhi perbuatan yang buruk. Selain itu juga terdapat Hadits perihal sebaik-baik manusia, yang diriwayatkan oleh At-Tabrani. Beliau bersabda : 

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Yang artinya : “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberikan manfaat untuk orang lain.

5. Taat Kepada Orang Tua

Islam mengajarkan pentingnya birul walidain atau berbakti kepada orang tua. Seseorang yang baik dalam islam adalah yang menjaga hubungan baik dengan orang tua dan mematuhi perintah mereka selama tidak bertentangan dengan agama.

6. Niat Yang Tulus

Tanda-tanda baiknya islam seseorang juga terlihat dari ketulusan niat dan tujuan mereka dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Mereka melakukan segala sesuatu dengan niat yan baik dan mengharapkan ridha dari Allah Subhanahu wa Ta’alaa.

7. Taat Terhadap Ajaran Islam

Sami’na wa Atho’na yang berarti Kami Dengar dan Kami Taat. Ungkapan tersebut berasal dari potongan ayat 51 dalam QS. An-Nur. Seseorang yang baik dalam islam adalah seorang yang senantiasa menjaga ketaatan dan kepatuhan terhadap ajaran islam secara menyeluruh, baik dalam ibadah maupun perilaku sehari-hari.

Tanda-tanda baiknya islam seseorang mencerminkan kesempurnaan iman dan kebaikan hati yang tercermin dalam perilaku dan sikap kita terhadap Allah Ta’alaa (Hablum Minallah) dan sesama manusia (Hablum Minannas). Oleh karena itu, menjadi tujuan setiap muslim untuk terus meningkatkan kualitas iman dan akhlak kita sesuai dengan ajaran islam.

Baca juga : 3 Kemuliaan Hidup Seseorang Menurut Imam Asy-Syafii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamu harus baca
Chat WhatsApp
WhatsApp