Platform Bayar Fidyah Online Ini Telah Membantu Banyak Ummat!!

Hukum dari puasa Ramadhan adalah wajib bagi siapa saja yang beragama islam, berakal sehat, sudah baligh serta mampu untuk menjalankan puasanya (sehat jasmani dan rohani). Namun bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa dengan alasan tertentu maka wajib baginya untuk membayar fidyah.

Alasan yang membuat seseorang wajib untuk membayar fidyah adalah jika ia tidak menjalankan ibadah puasa karena sakit parah sehingga tidak mampu berpuasa, wajib membayar fidyah juga bagi seorang ibu hamil yang tidak berpuasa karena khawatir akan keselamatan bayi dalam kandungannya, dan wajib pula bagi kamu untuk membayar fidyah jika lalai atau menunda-nunda untuk mengqodo’ puasa hingga datang Ramadhan berikutnya.

Fidyah dapat dibayarkan dengan memberikan bahan pokok seperti beras atau gandum sebanyak satu mud kepada fakir miskin, satu mud dibayarkan untuk mengganti satu hari ditinggalkannya puasa. Satu mud setara dengan 675 gram atau seukuran 2 telapak tangan ketika menengadah, jadi satu mud diperkirakan satu porsi sekali makan. Selain memberikan bahan pokok, fidyah juga bisa ditunaikan dalam bentuk uang yaitu dengan membayarkannya seharga satu mud bahan pokok.

Membayar fidyah diawali dengan membaca niat seperti halnya ketika hendak membayar zakat, niat dibacakan berdasarkan alasan meninggalkan puasa, misalkan membayar fidyah karena khawatir akan keselamatan anak dalam kandungan maka niat yang dibacakan adalah:

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ هَذِهِ الْفِدْيَةَ عَنْ إِفْطَارِ صَوْمِ رَمَضَانَ لِلْخَوْفِ عَلَى وَلَدِيْ على فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Aku niat mengeluarkan fidyah ini dari tanggungan berbuka puasa Ramadhan karena khawatir keselamatan anakku, fardlu karena Allah.”

Jika kamu membayarkan fidyah dalam bentuk uang yang dititipkan kepada lembaga pengelola fidyah, maka lembaga tersebut harus benar-benar amanah dan dapat dipercaya untuk menyalurkan fidyahmu hingga sampai kepada mereka yang membutuhkan atau berhak menerimanya, sebab dalam hukum islam seorang amil (pengelola fidyah) tidak berhak menerima fidyah tersebut, karena fidyah hanya ditujukan untuk fakir miskin.

Yayasan Alfatihah menyediakan platform pembayaran fidyah secara online dengan nama bayarfidyah.com, dengan platform tersebut kamu bisa membayar fidyah dari mana saja dan kapan saja, segala kemudahan dan tata cara pembayaran telah dijelaskan secara lengkap didalamnya. Selain kemudahan yang ditawarkan juga terdapat kelebihan lain yang akan kamu dapatkan jika membayar fidyah melalui bayarfidyah.com.

Yang pertama adalah, dipastikan akad yang digunakan telah sesuai syariat islam, karena syarat sah dari suatu transaksi haruslah sesuai dan jelas akadnya,

Yang kedua yaitu, bayarfidyah.com merupakan platform dari lembaga resmi, bayarfidyah.com sangat memperhatikan legalitasnya sebab menjadi kepercayaan ummat adalah prioritas

Yang ketiga adalah pasti amanah, bayar fidyah melalui bayarfidyah.com dijamin amanah karena memiliki prinsip atau tekat sepenuh hati dalam menjembatani kemaslahatan ummat

Yang terakhir adalah akuntabel, karena pembukuan dan transparansi dari proses transaksi serta pendistribusian menjadi komitmen serta tanggungjawab bagi bayarfidyah.com.

Demikianlah sekilas mengenai fidyah dan kelebihan dari platform bayarfidyah.com. Jangan tunda fidyahmu karna fidyahmu itu disebabkan oleh sesuatu yang kamu tunda pula.