Pendidikan Al-Qur’an Bisa Hilangkan Ketagihan Bermain Gadget Pada Anak

Setiap hari era digitalisasi semakin sangat jelas terlihat, golongan tua, muda bahkan anak-anak pun terkena dampaknya, salah satunya adalah penggunaan gadget disaat usia anak masih dibawah umur, tidak jarang para orang tua menuruti segala keinginan anak tanpa memperdulikan dampaknya yang bisa saja mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.

Penggunaan gadget tanpa pengawasan dan batasan dari orang tua juga dapat menyebabkan aktivitas positif lain pada anak menjadi terganggu atau berkurang. Seperti aktivitas mengaji yang saat ini anak-anak mulai malas melakukannya, terlebih ketika sudah bermain gadget, bahkan tidak jarang mereka marah saat diminta oleh orang tuanya untuk pergi ke tempat mengaji.

Yayasan Alfatihah mempunyai program yang bernama Rumah Tahfidz Alfatihah, menjadi pelopor rumah tahfidz yang menerapkan konsep pendidikan Al-Qur’an menyenangkan, metode menghafal yang digunakan adalah dengan gerakan tangan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan memudahkan anak dalam belajar, membaca serta menghafalkan Al-Qur’an.

Dalam upaya menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap Al-Qur’an, maka Rumah Tahfidz Alfatihah menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang proses pembelajaran dan tahfidz, diantaranya adalah ruangan mengaji yang nyaman dan ber-AC, dilengkapi dengan alat-alat multimedia sebagai pendukung bahan ajar seperti speaker Al-Qur’an, soundsystem dan smart TV android untuk menayangkan ayat-ayat Al-Qur’an dan video kisah-kisah islami. Selain diberikannya fasilitas yang lengkap, selama proses belajar dan tahfidz anak-anak juga akan dibimbing oleh Musyrifah/Ustadzah yang sudah bersyahadah dan berpengalaman.

Di Rumah Tahfidz Alfatihah tidak hanya fasilitasnya saja yang lengkap, namun juga terdapat banyak aktivitas lain diluar tahfidz yang pastinya sangat bermanfaat, diantaranya adalah baca tulis Al-Qur’an, mempelajari rukun, sunnah-sunnah serta semua hal yang berhubungan dengan agama islam dan memang sudah seharunya perlu diketahui oleh anak-anak sedari dini. Selain itu Rumah Tahfidz Alfatihah juga sangat memperhatikan sisi akademis anak dengan memberikan aktivitas yang dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga mereka dapat mengetahui dan memahami cara mengkomunikasikan suatu hal atau maksud dari fikiran dan perasaan mereka, bagaimana mereka mengendalikan emosi dan tutur kata juga sangat penting untuk diberikan bimbingan yang tentunya para Ustadzah Rumah Tahfidz Alfatihah sudah sangat berpengalaman dalam mengatasi hal tersebut.

Sebagai upaya dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak, Rumah Tahfidz Alfatihah memberikan metode reward harian untuk santri berupa stiker bintang, reward diberikan ketika masing-masing santri dapat menyelesaikan pertanyaan atau tugas dari Ustadzah, hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan untuk memacu semangat para santri baik dalam belajar maupun menghafal.

Diluar banyaknya fasilitas yang berikan untuk anak-anak, Rumah Tahfidz Alfatihah juga memberikan kesempatan bagi Ayah Bunda yang membutuhkan bimbingan atau konseling dalam mengatasi masalah-masalah pada anak, terutama upaya dalam menghilangkan rasa malas dan tidak mau mengaji akibat kecanduan game atau gadget.

Dengan biaya yang terjangkau amat banyak kelebihan yang Ayah Bunda dapatkan jika mengikut sertakan putra putri tercinta untuk tahfidz di Rumah Tahfidz Alfatihah, juga terdapat program beasiswa untuk anak yatim dan dhuafa. 

Dengan adanya pengaruh digitalisasi yang cukup besar terhadap kebiasaan anak itulah, maka sebaiknya Ayah Bunda lebih berhati-hati dan sebisa mungkin untuk memperhatikan setiap aktivititas anak, terutama pada bagian sisi religiusitas yang tentu saja akan sangat mempengaruhi kepribadian dan perilaku anak di masa yang akan datang.

Untuk itu jangan sampai Ayah Bunda salah memilih tempat pendidikan Al-Qur’an untuk putra putrinya. Segera daftarkan ananda tercinta menjadi santri keren, kreatif dan inovatif bersama Rumah Tahfidz Alfatihah