Mereka Adalah Tanggung Jawabmu!

Dalam Al-Qur’an dan Hadis terdapat banyak sekali perintah untuk menyantuni anak yatim, bahkan dalam Al-Qur’an sendiri kata “yatim” disebutkan hingga sebanyak 23 kali, banyak keutamaan dan kemuliaan yang dijanjikan oleh Allah SWT jika mau menyantuni dan mengasihi anak yatim. Lalu untuk siapakah sebenarnya perintah itu diberikan?.

Anak yatim merupakan titipan yang wajib dilindungi oleh setiap ummat muslim, mengasihi dan menyayangi serta menanggung hidup mereka adalah tanggung jawab setiap orang yang ada disekitarnya. Dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’un Allah SWT berfirman:

أَرَءَيْتَ ٱلَّذِى يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ ١ فَذَٰلِكَ ٱلَّذِى يَدُعُّ ٱلْيَتِيمَ ٢

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?, Itulah orang yang menghardik anak yatim". (QS. Al Ma'un: 1-2).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kita tidak hanya diperintahkan untuk turut menanggung hidup anak yatim, tapi kita juga diperingatkan agar tidak berbuat sewenang-wenang terhadap mereka, seperti mengeluarkan perkataan atau melakukan tindakan yang dapat melukai hatinya. Bahkan bagi siapapun yang menghardik anak yatim akan dianggap sebagai pendusta agama.

Menyadari akan pentingnya untuk mengasihi dan memperhatikan anak yatim disekitar kita, maka Yayasan Alfatihah dengan berbagai programnya berkomitmen untuk turut memuliakan sebanyak-banyaknya anak yatim, terutama yang bertempat tinggal di wilayah sekitar Yayasan Alfatihah.

Salah satu program santunan untuk anak yatim yang ada di Yayasan Alfatihah adalah Doa Bersama Anak Yatim. Pada program ini Yayasan Alfatihah akan mengajakmu untuk bersama-sama memberikan santunan sembari menitipkan hajat atau doa untuk dipanjatkan dan diaminkan bersama dengan anak yatim. Kegiatan santunan ini rutin dilaksanakan setiap hari jum’at dengan mengundang beberapa anak yatim yang berbeda disetiap minggunya, seluruh kegiatan dapat disaksikan oleh para donatur secara live melalui sosial media Yayasan Alfatihah.

Yayasan Alfatihah menyediakan pula platform untuk santunan anak yatim secara online dengan website yang bernama doayatim.com, platform ini dibuat untuk membantu serta memudahkanmu agar dapat memberikan santunan dari mana saja dan kapan saja. Segala transaksi dipastikan mudah juga cepat dan yang terpenting adalah pasti amanah, bahkan semua data dari anak yatim tersedia dalam platform tersebut.

Memang tidak terdapat riwayat yang menjelaskan secara langsung bahwa doa dari seorang anak yatim pasti akan dikabulkan, akan tetapi Allah SWT menjanjikan bagi siapa saja yang mau menyantuni anak yatim maka seluruh kebutuhannya akan dipenuhi oleh-Nya. Seperti yang dijelaskan dalam riwayat sebuah hadis berikut:

Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak yatim, usaplah wajahnya dan berilah makan dari makananmu. Niscaya hatimu akan menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi.” [HR. Al-Baniy, Shahi Al-Jami’, Abu Darda: 80]

Dari hadis tersebut juga dapat kita ketahui bahwa dengan menyantuni anak yatim akan melunakkan hati kita yang membuat hidup menjadi tenang. Memang benar saat melihat para anak yatim tersenyum bahagia membuat kita ikut merasakan kebahagiaan itu terlebih lagi jika kitalah yang menjadi alasan dibalik senyuman mereka.

Mari bersama-sama mengasihi dan memperhatikan anak yatim disekitar kita, menjadi muslim yang taat akan perintah-Nya, menjauhkan diri dari golongan orang-orang yang mendustakan agama Allah karena telah lalai terhadap anak yatim.

“Orang-orang yang pengasih pasti akan dikasihi pula oleh Yang Maha Pengasih. Kasihilah siapapun yang ada dibumi niscaya engkau akan dikasihi oleh yang di langit.” (H.R. Tirmidzi).