Kunjungan dan silahturahmi ke Pondok Pesantren ABATA

Semarang 22/2:Pondok Pesantren ABATA yang berlokasi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, adalah pesantren khusus bagi anak-anak penyandang disabilitas tuna rungu wicara yang berkonsep Islamic boarding school. Pesantren ABATA merupakan rintisan Yayasan tunarungu GRATIS pertama di Indonesia.

Dalam proses pembelajaran para santri di ajari bahasa verbal, dan tidak menggunakan bahasa isyarat, yang bertujuan agar para santri dapat berkomunikasi dengan orang normal juga. Pesantren ABATA juga memiliki kurikulum sendiri, para santri akan melewati masa Pendidikan selama 6 tahun setara dengan Sekolah Dasar (SD). Mayoritas santri ABATA berumur 9-10 tahun, dan seluruh santrinya adalah perempuan.

ABATA   berfokus dalam mengajarkan ilmu agama kepada santri-santrinya, berawal dengan mengenalkan huruf hijaiyah sehingga santri dapat melafalkannya dengan pelafalan yang benar, walaupun kurang sempurna. Lazimnya santri ABATA dapat melafalkan satu huruf dengan benar membutuhkan kisaran waktu kurang lebih 3 bulan.  Namun dengan gigih nya mereka terus belajar hingga sekarang bisa hafal juz 30. ABATA juga membekali anak-anak dengan keterampilan dan ubudiyah yang kuat.

Pada hari Sabtu 19 Februari 2022 Tim Alfatihah.com melakukan kunjungan ke Pesantren ABATA dengan tujuan silaturatrahim serta menyampaikan program baru Alfatihah.com yaitu DOA TANPA SUARA yang akan melibatkan para santri ABATA.

Harapannya adalah dengan kunjungan Tim Alfatihah.com mempererat tali silaturahim antara AlFatihah dengan ABATA.

Penulis : Annisa Sholeha