Semarang 23/10 : Salah satu kunci sukses sebuah lembaga adalah manajemen sumber daya manusia yang terkelola dengan baik. Selain, produktivitas yang harus terus berjalan  motivasi, rasa nyaman, dan semangat teamwork yang terjaga solid juga menjadi point penting.

Termasuk di Rumah Tahfidz Alfatihah (RTA) sebagai sebuah lembaga yang mengedepankan semangat humanisme dan kebersamaan dalam bekerja. Terhitung sejak Sabtu,16 Oktober 2021 sudah terselenggara kegiatan kelas sharing dan mentoring bersama para jajaran managemen dan pengurus inti Rumah Tahfidz Alfatihah untuk membantu mewujudkan suasana positif dalam pemaknaan kegiatan bekerja sehari-hari untuk umat .

Pada 23 Oktober 2021 bertepatan dengan hari Sabtu  telah kembali terselenggara kegiatan kelas karyawan di ruangan serbaguna milik Rumah Tahfidz Alfatihah . Episode kelas  hari ini dihadiri karyawan dari seluruh divisi. Kelas karyawan hari ini bertajuk kegiatan sharing dan mentoring bersama salah satu top management RTA, yaitu Gus Nana. Kegiatan ini dimaksudkan selain untuk membangun kedekatan antar jajaran juga sebagai metode untuk membangun semangat sekaligus mindset positif para karyawan RTA agar senantiasa produktif sekaligus sehat secara mental.

Kelas Karyawan dibersamai oleh Gus Nana yang menceritakan perjuangannya selama delapan tahun menjajal “kawah candradimuka” dunia media di Jawa Pos. Beliau juga menceritakan masa kecilnya dimana beliau dahulu pernah tinggal di Jawa Timur. Gus Nana juga menuturkan bahwa salah satu guru terbaik yang membentuknya seperti sekarang ialah bersikap pantang menyerah selama bekerja di media Jawa Pos.

Kita semua harus belajar menemukan passion kita sehingga kemudian dapat mencintai pekerjaan kita.” Ucap Gus Nana.

Gus Nana juga memberikan sedikit pengantar materi mengenai kiat-kiat dasar menjadi seorang pengusaha. Beliau  juga menceritakan bahwa sudah banyak usaha yang dilakoninya mulai dari persewaan buku semasa kanak-kanak hingga usaha depot makanan. Hingga pada akhirnya,Gus Nana sukses mendirikan PT Cakrawala Handricaft Utama, sebuah perusahaan kerajinan tangan yang sudah mampu menembus pasar internasional hingga Negeri Kincir Angin Belanda. Dari kisah ini,  Gus Nana kemudian memberikan sesanti kepada para karyawan agar tidak antipati terhadap sebuah kegagalan

Gus Nana juga menceritakan bahwa yang menghantarkannya menuju “titik kulminasi” kehidupan adalah dengan memiliki semangat belajar yang tinggi, senantiasa menjaga kejujuran, serta pantang menyerah. Terbukti, kini beliau telah sukses dengan mendirikan sembilan perusahaan sekaligus telah tersetifikasi menjadi pakar marketing digital Google Ads di Indonesia.

Sesi kelas karyawan kemudian ditutup dengan kalimat motivasi dari Gus Nana yang menyatakan bahwa tidak ada cobaan berat yang Allah limpahkan kepada hambaNya kecuali Allah telah menakar bahwa manusia tersebut akan lulus dari cobaan yang datang. Masyaallah,semoga kita semua dapat selalu dikuatkan oleh Allah SWT .

Rencananya kelas karyawan akan rutin digelar setiap hari Sabtu dengan tema-tema menarik seputar dunia kerja, etos kerja, management keuangan, hingga cara investasi yang aman dan terbarukan tentunya menguntungkan. (WD/2021)