Pernah Melanggar Larangan-Larangan Allah? Pernah Melanggar Sumpah Atas Nama Allah?

Ingat ada kafarat! Kafarat merupakan denda yang harus dibayar apabila sengaja melanggar larangan-larangan Allah SWT, atau kafarat juga bisa diartikan sebagai perbuatan-perbuatan yang dapat menutup beberapa dosa tertentu.

Kafarat hukumnya wajib bagi seorang muslim yang telah melakukan beberapa dosa-dosa tertentu dalam agama Islam. Kafarat terdapat beberapa macam:

Sumpah Palsu

Kafarat sumpah merupakan kafarat yang dijatuhkan kepada orang yang telah melanggar sumpah atas nama allah, hal ini berdasarkan firman Allah swt dalam surat Al-Ma’idah ayat 89: “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja”

Tindakan Pembunuhan

Melakukan tindakan kejahata merupakan hal yang sangat dilarang oleh agama, apalagi apabila melakukan kejahatan pembunuhan maka akan ada sanksi yang tegas baik dari Negara maupun agama, dalam agama islam sendiri jika melakukan tidakan pembunuhan maka akan dikenakan kafarat seperti yang disebutkan dalam al-qur’an. “Barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman…” (QS. An-Nisa :92)

Dzihar

Dzihar merupakan perbuatan yang tidak boleh dilakukan dalam hubungan pernikahan, yaitu menyamakan punggung istri dengan ibu kandung suami. Larangan tersebut tercatat dalam al-qur’an yang artinya: “Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah :3)

Jima’ Disiang Bulan Ramdahan

Kafarat jima’ dikenakan kepada siapapun yang sengaja merusak puasa ramdhan dengan melakukan hubungan badan pada siang dibulan ramadhan.

Mebunuh Hewan Buruan Pada Saat Ihram

Pada saat melakukan Ihram ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diikuti salah satunya yaitu larangan membunuh hewan buruan pada saat ihram. Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Maidah ayat 95
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram”

Berikut denda yang harus ditunaikan bagi orang terkena kafarat

Kafarat Sumpah Palsu

  • Memerdekakan Budak
  • Jika tidak bisa memberi makan 10 orang miskin
  • Jika tidak bisa, memberi pakain untuk 10 orang miskin
  • atau Puasa selama 3 hari berturut-turut

Kafarat  Pembunuhan

  • Memerdekakan Budak
  • atau puasa 2 bulan berturut-turut

Membunuh Hewan buruan pada waktu Ihram

  • Menyembelih hewan yang senilai hewan yang diburu
  • Sedekah ke fakir miskin senilai hewan yang diburu

Dzihar

  • Memerdekan Budak
  • Jika tidak mampu, puasa dua bulan berturut-turut
  • Jika tidak mampu, memberi makan 60 orang miskin

Jima’ di Siang Bulan Ramadhan

  • Memerdekakan budak
  • Puasa dua bulan berturut-turut
  • Memberi makan 60 orang miskin

Mari niatkan dengan tulus

untuk menunaikan kafarat dan berjanji tidak akan akan mengulangi perbuatan-perbuatan yang melanggar dosa lagi.

Bagaimana cara menunaikan Kafarat dengan uang untuk fakir miskin?

Cara penghitungan kafarat

Contoh: jika ada orang yang melanggar sumpah atas nama allah sebanyak 4 kali, kemudian dia memilih membayar kafarat dengan memberi makan fakir miskin.
Maka kafarat yang harus dibayar yaitu:

4 kali memelanggar x 10 orang fakir miskin = 40 orang
40 orang x 1 Mud (Rp 15.000.,) = Rp 600.0000.,

Mud adalah kebutuhan makanan yang biasa kita konsumsi. Sebagai contoh kita estimasikan menjadi Rp 15.000., jadi kafarat yang perlu dibayar ketika melanggar 4 kali sumpah ialah Rp 600.000

Kini menunaikan kafarat bisa lebih mudah bersama kami. Kami akan membantu menyalurkan kafarat yang anda tunaikan untuk disalurkan ke yatim dan dhu’afa. Dengan kafarat yang anda tunaikan akan sangat membantu mereka untuk memenuhi kekurangan kebutuhannya.