Yayasan Alfatihah.com

Kata ‘sedekah’ bukanlaah hal yang asing lagi, banyak orang yang berlomba-lomba dalam bersedekah untuk meraih kebaikan untuk dirinya dan dan juga orang lain orang lain.

Sedekah bisa berbentuk seperti infaq, zakat, dan masih banyak hal lain lain yang dapat diberikan kepada orang lain. Bahkan, ada sedekah yang paling mudah untuk kita lakukan, yaitu ‘senyum’.

Pada umumnya, sedekah kita berikan kepada orang-orang terdekat, seperti orangtua, dengan memberikan mereka makanan atau barang ataupun berupa uang.

Tapi, bagaimana sedekah untuk orangtua yang sudah meninggal?

Dari Ibnu ‘Abbas Rodhiyallahu ‘anhumaa:

أَنَّ سَعْـدَ بْنَ عُـبَـادَةَ -أَخَا بَـنِـيْ سَاعِدَةِ- تُـوُفّـِيَتْ أُمُّـهُ وَهُـوَ غَـائِـبٌ عَنْهَا، فَـقَالَ: يَـا رَسُوْلَ اللّٰـهِ! إِنَّ أُمّـِيْ تُـوُفّـِيَتْ، وَأَنَا غَائِبٌ عَنْهَا، فَهَلْ يَنْـفَعُهَا إِنْ تَصَدَّقْتُ بِـشَـيْءٍ عَنْهَا؟ قَـالَ: نَـعَمْ، قَالَ: فَـإِنّـِيْ أُشْهِـدُكَ أَنَّ حَائِـطَ الْـمِخْـرَافِ صَدَقَـةٌ عَلَـيْـهَا

Bahwasannya Sa’ad bin Ubadah -saudara Bani Sa’idah- ibunya meninggal, sedangkan dia tidak berada bersamanya, maka ia bertanya:” Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku meninggal dunia, dan aku sedang tidak bersamanya. Apakah bermanfaat baginya apabila aku menyedekahkan sesuatu atas namanya?”, Rasulullah SAW menjawab:”ya”, diapun berkata:”Sesungguhnya aku menjadikan engkau saksi bahwa kebun (ku) yang berbuah itu menjadi sedekah atas nama ibuku”.

Sedekah yang diberikan oleh anak untuk orangtua yang sudah meninggal dunia, maka amalan sedekah tersebut akan sampai kepada anak dan orang tuanya. Walaupun niat utama saat bersedekah adalah memberikan seluruh pahala sedekah kepada orang tua yang telah meninggal. Dengan begitu, keduanya akan tetap mendapatkan pahala sedekah.

Inilah salah satu cara anak untuk tetap berbakti kepada orangtua. Dengan begitu, anak akan terus bisa berbakti kepada orang tuanya dengan bersedekah atas nama orang tua, walaupun orang tuanya sudah meninggal dunia.

Yuk, terus berbakti kepada orang tua dengan bersedekah.

Sedekah dapat dilakukan secara online dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik tombol “Donasi Sekarang
  2. Pilih nominal yang akan didonasikan beserta kode uniknya
  3. Isi kolom informasi donatur
  4. Pilih metode pembayaran
  5. Jangan lupa menuliskan doa
  6. Klik Complete Payment

Insyallah, semua donasi yang #TemanBaik bagikan akan menjadi pemberat amal dan pembuka jalan rezeki setiap hari. Aamiin…..

 

 

 

    There are no latests news yet

12 Aug 2022

Anonim
Rp 100.240

5 Nov 2021

Anonim
Rp 100.135

16 Oct 2021

Anonim

Mohon didoakan alm ayah saya, Bapak Darsono, semoga dilapangkan kuburnya dan diampuni dosa dosanya.

orang
Rp 50.498

22 Sep 2021

Anonim

Atas Nama Alm. H. Suganda bin Idjum

orang
Rp 50.032

21 Aug 2021

Anonim

Mohon doakan almarhumah ibunda saya rosalina binti imam syamsudin dilapangkan kuburnya, diterima segala amal ibadahnya dan diampuni dosa-dosanya.

orang
Rp 100.471