”(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”
(QS Surat Al Baqarah ayat 184) 

Mengapa memilih membayar fidyah melalui kami ?

SESUAI AKAD

Akad Yang Baik Harus DIsediakan Wadah Yang Sesuai Juga Sah

TERPERCAYA

Semua Menjadi Lebih Baik Dengan Kepercayaan & Kejujuran Bersama

RESMI

Legalitas Merupakan Acuan Dasar Untuk Kami Tetap Eksis Bagi Umat

AKUNTABLE

Pembukuan Jelas Serta Penghitungan Akurat Menjadi Komitmen Kami

Distribusi Beras Fakir Miskin

Kegiatan rutin bulanan Yayasan Rumah Tahfidz Alfatihah dalam mendistribusikan beras atau kebutuhan pokok bagi para dhuafa fakir miskin. Kegiatan rutin ini sudah mencapai ratusan KK warga yang merupakan golongan fakir miskin menurut data perangkat desa setempat. Program ini akan terus berjalan seiring dengan uluran doa & dukungan dari para donatur yang berbaik hati untuk kepedulian sesama untuk wilayah.

Bentuk Fidyah yang akan dibayarkan yaitu :

Makanan sudah siap santap

Uang Tunai

Bahan Makanan Mentah

Cara Menghitung Fidyah :

1 HARI setara 1 MUD (JUMLAH HARI YANG DITINGGALKAN x HARGA 3 KALI MAKAN)*

(Lansia, Ibu Hamil dan Menyusui, Orang Sakit*)

ANDA TERMASUK SALAH SATU KATEGORI DI ATAS ?
KONSULTASIKAN SEKARANG JUGA (TOMBOL BERDENYUT WARNA MERAH)
Rumus Bayar  = Rp. 45.000/hari/jiwa x Hari yang ditinggalkan *

(SK KETUA BAZNAS NO.7 TAHUN 2021)*

Panduan Pembayarannya

Ukuran Bayar Fidyah

Menurut Imam Malik, Imam As-Syafi’I, fidyah yang harus dibayarkan sebesar 1 mud gandum (kira-kira 6 ons = 675 gram = 0,75 kg atau seukuran telapak tangan yang ditengadahkan saat berdoa). Sedangkan menurut Ulama Hanafiyah, fidyah yang harus dikeluarkan sebesar 2 mud atau setara 1/2 sha’ gandum. (Jika 1 sha’ setara 4 mud = sekitar 3 kg, maka 1/2 sha’ berarti sekitar 1,5 kg). Aturan kedua ini biasanya digunakan untuk orang yang membayar fidyah berupa beras. 

Fidyah adalah tak harus berupa beras atau gandum, namun bisa diganti dengan makanan pokok lain yang berlaku. Cara membayar fidyah ibu hamil bisa berupa makanan pokok. Misal, ia tidak puasa 30 hari, maka ia harus menyediakan fidyah 30 takar di mana masing-masing 1,5 kg. Fidyah adalah boleh dibayarkan kepada 30 orang fakir miskin atau beberapa orang saja (misal 2 orang, berarti masing-masing dapat 15 takar). Menurut kalangan Hanafiyah, fidyah artinya boleh dibayarkan dalam bentuk uang sesuai dengan takaran yang berlaku seperti 1,5 kilogram makanan pokok per hari dikonversi menjadi rupiah.

Manfaat Fidyah

Bagi sebagian orang yang sudah LANSIA , manfaat yang didapatkan yaitu :

Manfaat Fidyah